Mohon tunggu...
Hasanta Diva Fadlika
Hasanta Diva Fadlika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Teori Charles Sanders Peirce

25 Juni 2022   21:40 Diperbarui: 11 Juli 2022   00:27 574
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN
Sastra, bukan lagi merupakan hal yang asing di masa modern seperti saat ini. Menurut Sumardjo dan Saini dalam Rokhmansyah (2014:2). Sastra merupaka ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, perasaan, ide, semangat keyakinan dalam suatu bentuk gambaran konkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa. Sastra bisa dituangkan dalam banyak hal salah satunya untuk menarik perhatian atau rasa ketertarikan orang lain.
Sedangkan semiotika sendiri adalah suatu disiplin ilmu dan metode analisis untuk mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek terebut. Suatu tanda menandakan sesuatu selain dirinya sendiri dan makna adalah hubungan antara sesuatu objek atau ide dari sesuatu tanda.
Dalam tulisan ini akan dibahas apa saja makna tanda yang terdapat pada sebuah iklan sprite sehingga iklan tersebut bisa menarik minat banyak orang melalui teori semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce.

LANDASAN TEORI
Menurut Peirce, semiotika didasarkan pada logika karena logika mempelajari bagaimana orang bernalar, sedangkan menurut peirce penalaran dilakukan melalui tanda-tanda.
Ada tiga aspek penting dalam teori Peirce yang dikenal sebagai Triangle of meaning.
Yang pertama yaitu tanda, tanda merupakan sesuatu yang merujuk hal lain diluar tanda itu sendiri. Tanda cenderung bersifat fisik dan berupa visual yang ditangkap oleh manusia.
Yang kedua yaitu objek, objek dijadikan sebagai acuan tanda.
Yang ketiga yaitu interpretan, yaitu begaimana seseorang merujuk atau memaknai sebuah tanda melalui pemikirannya sendiri.
Ketiga aspek ini selalu ada bersama-sama dan tidak bisa berdiri sendiri tanpa satu sama lain.
Peirce mengatakan bahwa "is something which stands to somebody for something in some respect or capacity" Peirce menyebutkan bahwa sesuau yang digunakan agar tanda bisa berfungsi disebut sebagai ground. Konsekuensinya, tanda (sign atau representamen) selalu terdapat dalam hubungan triadik, yakni ground, object dan interpretant.
Peirce mengadakan beberapa klasifikasi tanda.
Yang pertama qualisign adalah kualitas yang ada pada tanda, misalnya kata-kata kasar, keras, lemah, lembut, merdu.
Yang kedua yaitu sinsign, sinsign merupakan eksistensi aktual benda atau peristiwa yang ada pada tanda.
Yang ketiga yaitu legisign yang merupakan norma yang dikandung oleh tanda misalnya pada rambu-rambu lalu lintas yang digunakan untuk memberi petunjuk tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pengguna jalan.
Peirce juga mengklasifikasi tanda berdasarkan objeknya.
Yang pertama adalah ikon, hubungan antara tanda dan objek atau sesuatu yang memiliki kemiripan.
Yang kedua adalah indeks yang memiliki keterkaitan eksistensi terhadap petandanya atau objeknya.
Yang ketiga yaitu symbol, symbol adalah suatu tanda yang sudah ada aturan atau kesepakatan bersama. Symbol ini tidak bersifat global dan hanya digunakan oleh kelompok tertentu.


HASIL ANALISIS
Pada video iklan sprite yang berdurasi 32 detik itu diawali dengan adanya visualisasi gelembung air. Dimana air merupakan salah satu simbol kesegaran, banyak manusia yang menganggap bahwa air adalah sumber kesegaran yang sangat mudah didapatkan.
Setelah menampilkan visual air degan gelembungnya, iklan sprite juga menampilkan sebuah es batu, gelembung air dari patung buaya di dalam akuarium. Bersama dengan itu juga sang pengisi suara mengatakan "apa iya dengan mencampur sendiri es batu, rasa lemon, dan gelembung bisa seenak dan senyegerin segelas sprite?" dengan tujuan mengajak penontonnya untuk berfikir bahwa apakah ketika mereka menyampurkan hal-hal yang ditampilkan melalui gambar pada video tersebut dan hal-hal yang disebutkan oleh pengisi suara bisa seenak sebotol sprite yang bisa mereka dapatkan langsung tanpa harus sibuk mencari dan menyampurkan hal-hal yang disebutkan dalam iklan.
Pada adegan selanjutnya, iklan ini menampilkan sprite yang dituangkan ke dalam gelas berisi es batu. Banyak orang memaknai es batu sebagai sesuatu yang sangat menyegarkan terlebih ketika keadaan sedang panas. Sehingga banyak orang tertarik untuk mencoba seberapa segar sprite yang ada pada video tersebut. Pada akhir video pengisi suara mengatakan "sprite nyatanya nyegerin" hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan penontonnya bahwa kesegaran sprite memang nyata.


KESIMPULAN
Sastra merupaka ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, perasaan, ide, semangat keyakinan dalam suatu bentuk gambaran konkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa. semiotika adalah suatu disiplin ilmu dan metode analisis untuk mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek terebut. Ada tiga aspek penting yang disebutkan peirce dan dikenal dengan triangle of meaing yaitu tanda, objek, dan interpretan dimana ketiganya tidak bisa berdiri sendiri tanpa satu sama lain.
Dalam iklan sprite menampilkan banyak tanda yang membuat interpretan tertarik kepada objek yang divisualisasikan. Interpretan juga tentu memiliki persepsi masing-masing dalam memaknai iklan sprite tersebut yang tentu saja tanpa terlepas dari tiga aspek triangle of meaning.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun