Mohon tunggu...
Hasan Purnawan
Hasan Purnawan Mohon Tunggu...

just an ordinary person

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Belajar Analisis Lewat Komik Detective Conan

17 November 2011   08:46 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:33 2413 0 0 Mohon Tunggu...

url: http://hobi-sihasan.blogspot.com/2011/11/belajar-analisis-lewat-komik-detective.html Komik tidak hanya sekedar memberikan hiburan, tetapi bisa juga diambil manfaat didalamnya seperti salah satu komik yang paling saya sukai ini yaitu komik Detective Conan. Detective Conan adalah sebuah serial manga detektif yang ditulis dan digambar oleh Gosho Aoyama.Serial ini berisi tentang seorang detektif yang masih duduk dibangku SMA yang bernama Shinichi Kudo, ia mempunyai seorang ayah dan ibu yang suka dengan hal-hal misteri, selain itu ia juga mempunyai seorang kekasih bernama Ran yang mempunyai seorang ayah bernama Kogoro Mouri yang bekerja sebagai detektif swasta.

Shinichi yang biasanya suka membantu polisi memecahkan kasus, tiba-tiba diserang oleh anggota sindikt misterius. Ia kemudian diberi formula yang dibuat untuk membunuhnya yang masih dalam proses pembuatan, namun ternyata formula itu tidak membunuhnya tetapi hanya membuat tubuhnya menjadi kecil. Ketika ia terbangun tiba-tiba tubuhnya menjadi kecil dan ia pun meminta bantuan kepada salah satu kenalannya yaitu Professor Agasa.
Disana tanpa tidak sengaja ia bertemu dengan Ran yang sedang mencari-cari keberadaan Shinichi, dan pada akhirnya Ran membawa Conan tinggal bersamanya. Kasus demi kasus Conan pecahkan dengan tubuh mungilnya, ia juga sedikit mendapat bantuan dari teman-temannya dan juga peralatan yang diberikan oleh Professor Agasa. Membaca komik ini sangatlah menantang, karena kita tidak hanya membaca tetapi melainkan harus benar-benar memahami isi cerita dan juga mengingatnya, karena jika sampai lupa maka kita tidak bisa mengikuti alur cerita yang kadang beralur maju dan mundur. Isi cerita dalam komik ini sungguh membuat rasa penasaran yang sangat tinggi dan bisa membuat kita lupa akan urusan dunia.
Siapa Pelakunya? Ini adalah kalimat yang paling sering muncul dalam komik ini? Jika kita membaca dengan teliti dan benar, maka pertanyaan inilah yang juga nantinya akan kita pertanyakan, dan terkadang kita juga ikut menerka siapa pelaku menurut pendapat kita sebelum akhirnya terpecahkan oleh Detective Conan. Terkadang orang yang kita sangka sebagai pelaku bukanlah pelaku, begitu juga sebaliknya, dan hal ini yang membuat orang jadi penasaran dan terkagum dengan jalan cerita komik ini. Semua kejadian dalam komik ini bisa dicerna dengan logika. Jika kita sudah sering membaca serial komik ini, maka lama kelamaan otak kita jadi terbiasa dengan analisis dan membaca komik ini juga menjadikan logika kita lebih terbuka dan terasah. Sumber Gambar: http://images.picturesdepot.com/photo/d/detective_conan_wallpaper-29691.jpg http://imageshack.us/photo/my-images/512/caseclosedjimmyxrachel4fq1.jpg http://2.bp.blogspot.com/_99x4-D8_cFI/TBWy4J7aVKI/AAAAAAAAACo/hI_y6Xl4QXI/s1600/ddb07bda8149cc292bece329fe376120.avi.jpg http://www.renders-graphiques.fr/image/upload/normal/1566_render_conan_edogawa_01.png

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x