Mohon tunggu...
Hasan Setiawan
Hasan Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hai!! Perkenalkan saya hasan seorang mahasiswa di Universitas Teknologi Digital Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa

19 Februari 2025   17:54 Diperbarui: 19 Februari 2025   18:00 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Pendahuluan

Kinerja guru dan motivasi belajar merupakan faktor utama dalam menentukan prestasi siswa. Kinerja guru mencakup kemampuan profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial yang direfleksikan dalam perilaku selama proses pembelajaran. Sementara itu, motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal yang mempengaruhi keinginan siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja guru dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa di SMK Surya Pertiwi Cililin.

2. Kinerja Guru

Kinerja guru adalah kemampuan yang ditunjukkan dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Menurut Mulyasa (Nugraha, 2020), kinerja guru mencakup aspek profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Hasil penelitian Nana Sudjana (Sandi & Ari, 2016) menunjukkan bahwa 76,6% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kinerja guru, dengan pengajaran dan penguasaan materi sebagai faktor utama. Dimensi kinerja guru meliputi kualitas kerja, kecepatan kerja, inisiatif, kemampuan bekerja, dan komunikasi.

3. Motivasi Belajar

Motivasi belajar merupakan faktor psikologis yang mendorong siswa untuk mencapai keberhasilan akademik. Menurut Sardiman (Maryanto, Setyowani, & Mugiarso, 2013), motivasi dapat berasal dari faktor intrinsik maupun ekstrinsik. Woolfolk & Nicolich (1984) menambahkan bahwa motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak. Dimensi motivasi belajar meliputi motivasi intrinsik (dorongan internal) dan motivasi ekstrinsik (pengaruh lingkungan sosial dan penghargaan).

4. Prestasi Siswa

Prestasi belajar siswa mencerminkan keberhasilan proses pembelajaran. Menurut Muhibbin (2008), prestasi belajar diukur melalui hasil tes, tugas harian, dan evaluasi akademik. Faktor yang memengaruhi prestasi siswa meliputi hasil kegiatan belajar, aspek kognitif, penilaian evaluasi, serta metode pengajaran guru.

5. Penelitian Terdahulu

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kinerja guru, motivasi belajar, dan prestasi siswa:

Handayani (2017) menemukan bahwa kinerja guru berpengaruh 14,66% terhadap motivasi belajar siswa.

Mardatilah & Azizah (2019) menunjukkan bahwa kinerja guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.

Irawati (2014) menyatakan bahwa motivasi kerja guru mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Armoko (2014) menemukan bahwa kinerja guru memiliki kontribusi 16,6% terhadap prestasi belajar kejuruan siswa.

Heriani (2012) menyoroti pengaruh reward terhadap prestasi belajar siswa.

Penelitian ini akan mengembangkan kajian dengan fokus pada SMK Surya Pertiwi Cililin untuk mengidentifikasi faktor tambahan yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam pendidikan kejuruan.


Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun