Mohon tunggu...
Hartono
Hartono Mohon Tunggu... Seorang yang suka sekali menulis

"Kurang Cerdas Dapat Diperbaiki Dengan Belajar. Kurang Cakap Dapat Dihilangkan Dengan Pengalaman. Namun Tidak Jujur Itu Sulit Diperbaiki." (Moh. Hatta)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengapa Bermain dengan Anak-anak Itu Lebih Menyenangkan

18 Agustus 2019   13:23 Diperbarui: 18 Agustus 2019   13:29 0 0 0 Mohon Tunggu...


Masa paling menyenangkan adalah masa-masa masih anak-anak karena mereka dapat bermain tanpa beban. Tapi sering kebanyakan orang dewasa menganggap anak-anak tidak tahu apa-apa. Mereka dianggap tidak paham tentang kehidupan. Sebenarnya banyak hal-hal yang bisa kita petik dan patut dijadikan pelajaran buat kita semua. Dengan bermain dengan mereka kita dapat mempelajari beberapa hal:

1. TULUS DAN RENDAH DIRI

Anak-anak memiliki hati yang tulus dan rendah hati. Mereka siap membantu temannya tanpa meminta imbalan atau memiliki maksud-maksud tertentu. Berbeda dengan kita dari sebagian orang dewasa yang selalu berpikir plus minus dalam memberikan bantuan. Sifat tulus dan rendah diri anak-anak mengajarkan kita saling tolong menolong dan tidak berpikir hanya mementingkan diri sendiri.

2.  TERUS TERANG

Anak-anak akan mengatakan tanpa ragu akan segala sesuatu yang mereka rasakan secara terus terang. Baik dari bicaranya maupun dari gerak tubuh mereka. Jika mereka merasa senang mereka akan menunjukkan dengan ekspresi penuh gembira. Jika mereka tidak suka terhadap sesuatu mereka akan menangis. Berbeda dengan orang dewasa, kita terkadang dihadapi dengan situasi yang mengharuskan untuk berbicara kebenaran tapi karena takut, kita terpaksa berbohong agar tidak melukai orang lain. Sifat terus terang anak-anak mengajarkan kita untuk menjadi manusia apa adanya dan tidak berpura-pura.

3. JUJUR

Hal yang menyenangkan bermain dengan anak-anak adalah mereka mempunyai hati yang jujur. Jika tidak suka maka anak-anak akan berkata tidak, begitu juga sebaliknya. Berbeda dengan sebagian dari kita orang dewasa, menjadi jujur adalah sesuatu yang sulit dilakukan bagi orang dewasa. Kita lebih suka berbohong demi menguntungkan diri sendiri. Sifat jujur anak-anak tersebut mengajarkan kita untuk menghargai arti kebenaran.

4. TIDAK PILIH-PILIH TEMAN

Kejujuran anak-anak dapat kita lihat pada saat mereka bertemu dengan teman sebaya. Mereka akan langsung bermain bersama tanpa melihat siapa, bagaimana dan darimana mereka berasal. kemurnian hati seperti itu jarang ditemukan pada orang dewasa. Kebanyakan lebih memilih teman demi status sosial. Akhirnya banyak persahabatan yang retak karena tidak didasari dengan pertemanan yang tulus.

5. SUKA BERBAGI DAN TIDAK EGOIS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x