Mohon tunggu...
Harrist Riansyah
Harrist Riansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Lulusan Jurusan Ilmu Sejarah yang memiliki minat terhadap isu sosial, ekonomi, dan politik.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Profil Partai Demokrat

12 Desember 2023   08:24 Diperbarui: 12 Desember 2023   08:24 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: demokrat.or.id

Partai Demokrat dengan Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhono (AHY) sempat menjadi perbincangan publik beberapa bulan terakhir. Itu karena keputusan Koalisi Perubahan mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai capres-cawapres pada pilpres 2024 mendatang. Padahal sosok AHY paling santer akan menjadi pendamping Anies Baswedan. Keputusan itu lantas direspon Partai ini dengan keluar dari koalisi Perubahan dan masuk ke Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. Keputusan itu mengulang pilpres 2014 & 2019 yang saat itu Partai Demokrat memutuskan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres.  

Sejarah Partai

Padahal pada 2004 dan 2009 partai berhasil menjadikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Presiden Indonesia ke-6. Memang pendirian Partai Demokrat tidak terlepas dari keinginan menjadikan SBY Presiden Indonesia. Dilansir dari laman resmi Demokrat, pembentukan partai ini muncul ketika SBY gagal dalam pemilihan calon wakil presiden di MPR tahun 2001.

Hal itu mendorong beberapa orang salah satunya Vence Rumangkang mendukung SBY menjadi presiden. Oleh karena itu perlu didirikan sebuah partai politik untuk membuka jalan SBY ke kursi RI-1. Perumusan dan konsep dasar partai pun dilakukan Tim Krisna Bambu Apus dan dirampungkan oleh Tim yang dipimpin Vence.

Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di Apartemen Hilton pada 12 Agustus 2001. Disana dibentuk tim pelaksana yang terdiri atas; Vence Rumangkang, A. Yani Wahid, Achmad Kurnia, Adhiyaksa Dault, Baharuddin Tonti, dan Shirato Syafei.

Selanjutnya pada 20 Agustus 2001, Vence bersama Sutan Bhatoegana membentuk Tim 9 untuk mematangkan konsep pendirian partai. Lalu pada 9 September 2001, di Kantor Notaris Aswendi Kamuli, Jakarta Selatan, 99 orang menyatakan menjadi pendiri Partai Demokrat. Dari 99 orang hanya 46 yang hadir sisanya memberikan surat kuasa kepada Vence.

Singkat cerita pada 25 September 2001 terbitlah SK Kemenkuham yang mengesahkan Partai Demokrat. Dan 17 Oktober 2002 di Jakarta Hilton Convention Center, Partai Demokrat dideklarasikan. Partai Demokrat semula diketuai oleh Subur Budhisantoso.

Visi Misi

Berbeda dengan partai politik lain di Indonesia. Partai Demokrat membagi visi misinya menjadi dua bagian yaitu untuk "Indonesia Masa Depan" dan untuk partai sendiri. Berikut adalah visi-misi partai ini berdasarkan laman resmi partai Demokrat.

Visi untuk Indonesia Masa Depan:

  • Indonesia menjadi Negara Maju di Abad 21.
  • Indonesia menjadi Negara Kuat di tahun 2045.
  • Indonesia menjadi Emerging Economy di tahun 2030.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun