Mohon tunggu...
Harmoko  Group
Harmoko Group Mohon Tunggu... Investor Saham

Pernah Belajar di SDN No. 134 Mangku Negara Talang Ubi

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Penganggaran dan Keuangan Pribadi

20 September 2019   07:31 Diperbarui: 20 September 2019   07:48 0 0 1 Mohon Tunggu...

Penganggaran adalah cara utama Anda dapat mengendalikan keuangan Anda. Sederhananya, anggaran adalah rencana tertulis untuk bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Anda dapat membuat anggaran bulanan atau tahunan. 

Anggaran memungkinkan Anda untuk membuat keputusan keuangan sebelumnya, yang membuatnya lebih mudah untuk menutupi semua pengeluaran Anda sepanjang tahun. Penganggaran secara konsisten dapat membantu Anda mengubah keuangan Anda dan mulai membangun kekayaan.

Mengapa Penganggaran Penting?

Anggaran adalah alat ampuh karena memungkinkan Anda untuk menentukan bagaimana dan dimana Anda ingin menghabiskan uang Anda. Ketika master anggaran Anda, Anda memastikan bahwa setiap dolar digunakan sesuai keinginan Anda. Jika Anda memiliki anggaran, Anda dapat melacak pengeluaran Anda dan menentukan apakah itu sesuai dengan prioritas Anda. 

Seringkali ketika orang mulai membuat anggaran mereka terkejut melihat berapa banyak uang yang digunakan untuk hal-hal yang tidak penting bagi mereka, seperti makan di restoran cepat saji atau membayar kenyamanan. Penganggaran memungkinkan Anda untuk memantau kemajuan Anda pada tujuan dan memastikan Anda tetap pada rencana keuangan Anda.

Cara Mengatur Anggaran Anda

Menyikapkan anggaran adalah proses yang mudah. Ini membantu untuk memiliki daftar tagihan yang harus Anda bayar setiap bulan serta penghasilan yang Anda harapkan. Jika Anda belum menganggarkan anggaran sebelumnya, Anda bisa mulai dengan melihat pengeluaran tiga bulan terakhir Anda. Menggunakan laporan Bank Anda untuk memecah ini menjadi kategori. 

Jika Anda memiliki perangkat lunak penganggaran, Anda dapat mengunggah pertanyaan Anda dan menggunakan perangkat lunak untuk mulai menyortirnya. 

1. Mulailah dengan penghasilan Anda untuk bulan itu. Ini harus mencakup gaji yang Anda terima, serta penghasilan dari sumber lain seperti tunjangan anak atau investasi. Jika Anda memiliki bisnis, Anda harus memasukkan jumlah yang Anda bayarkan sendiri dari bisnis setiap bulan.

2. Buat daftar pengeluaran Anda mulai dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Membuat daftar pengeluaran untuk memudahkan pemotongan anggaran Anda jika perlu. Yang paling penting adalah hal-hal yang memenuhi kriteria Anda. 

Anda harus mencakup perumahan, makanan, utilitas (tidak termasuk televisi kabel), biaya transportasi, pembayaran utang, dan tujuan tabungan terlebih dahulu. Kemudian Anda akan membuat daftar barang-barang mewah yang dapat mencakup pakaian, hiburan, makan di luar dan keanggotaan gym.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x