Mohon tunggu...
Harlinton Simanjuntak
Harlinton Simanjuntak Mohon Tunggu... Seorang Sarjana Hukum.

Karena bagiku, hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. For to me, living is Christ and dying is gain. Filipi 1:21

Selanjutnya

Tutup

Politik

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

15 November 2019   15:23 Diperbarui: 15 November 2019   15:29 0 1 0 Mohon Tunggu...

(Abstrak dari pemikiran yang digelisahkan oleh kondisi)

Sejarah lahirnya ideologi bangsa Indonesia bukan tanpa dinamika politik yang meruncing. Gagasan kebangsaan yang disusun para founding father bangsa ini dipengaruhi oleh berbagai corak kebangsaan bangsa Indonesia. Ketika dunia terbagi dalam dua golongan antara blok barat atau blok timur, Indonesia dengan gagah menggaungkan ideologinya sendiri yang disebut Pancasila. Ideologi yang terdiri atas lima asas ini bertitiktolak pada keberagaman bangsa Indonesia. Gagasan kebangsaan yang disusun dalam ideologi Pancasila ini memuat salah satunya asas keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

Manifestasi dari ideologi ini tersusun dalam berbagai-bagai norma hukum didalam kehidupan bangsa dan Negara Indonesia. Dewasa ini, Indonesia tengah menghadapi dinamika politik yang sangat dinamis bahkan cenderung memanas. Ideologi bangsa tengah menghadapi rongrongan kaum-kaum radikal yang memiliki visi dan misi tersendiri atas bangsa Indonesia.

Bukan merupakan hal baru dalam suatu bangsa terjadi gejolak massa yang begitu rupa dalam menyikapi dinamika politik yang terjadi. Segala eleman bangsa diperhadapkan dengan kondisi jaman yang serba tidak pasti. Ketidakpastian ini menimbulkan berbagai pandangan politik dalam masyarakat.

Mosi tidak percaya kepada pemerintah yang sah menjadi makanan masyarakat sipil dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena ini bukan berarti bahwa hal ini menunjukkan Negara dalam kadaan sakit, bukan demikian. Fenomena ini terjadi sebagai akibat dari mudahnya akses informasi yang dapat dikelola oleh masyarakat oleh perkembangan dunia teknologi dan informasi.

Berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki para kelompok aktivis masing-masing. Namun, isu kemanusia dan HAM menjadi isu yang sangat ramai menjadi buah bibir ditengah-tengah masyarakat. Isu ini sangat menjunjung tinggi kemerdekaan hak dan keadilan dalam berbagai aspek baik politik, hukum, ekonomi.

Pemerintah sebagai pihak yang diberikan wewenang oleh rakyat melalui mekanisme hukum yang berlaku telah berupaya melakukan berbagai bagai pembangunan bangsa melalui berbagai aspek yang mendasar bagi kepentingan umum. Namun, upaya itu tidak serta merta mendapatkan dukungan positif dari masyarakat. Hal ini berkaitan dengan banyaknya kasus hukum yang terjadi atas penyalahgunaan wewenang oleh pemerintah. Penyalahgunaan ini menimbulkan rasa tidak percaya oleh masyarakat atas berbagai isu yang ada.

Kebangkitan suatu gerakan masyarakat yang diinisiasi oleh beberapa kelompok masyarakat memberikan tontonan yang riil mengenai kedewasaan bangsa dalam menyikapi sistem demokrasi yang ada. Kebebasan berekspresi diwujudnyatakan dengan berbagai aksi orasi politik melalui berbagai media yang tersedia baik dalam skala kecil, skala menengah, bahkan dalam skala besar. Semuanya itu merupakan hasil dari manifestasi hukum yang berlaku dalam kehidupan bangsa Indonesia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x