Mohon tunggu...
Hariyanto ID
Hariyanto ID Mohon Tunggu... Dosen - Creative Preneur

Praktisi desain dan grafika, berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui kegiatan menulis dan mengajar..

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ciptakan Ratusan Tulisan Kreatif dan Menarik Bersumber 8 Hal Ini

17 Juli 2022   09:52 Diperbarui: 18 Juli 2022   09:31 137 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ide tumpul sebelum menulis merupakan persoalan klasik yang bisa menghinggapi siapa saja yang belum terbiasa menulis. Sederet pertanyaan berkecamuk, sementara kita sudah berjuang berjam-jam di depan monitor menemukan jawabannya. Apa yang mau saya tulis? Dari mana  saya harus memulai menulis?

Menulislah seperti burung berkicau, begitulah pesan yang saya peroleh dari seorang kawan tentang bagaimana mengeluarkan ide/gagasan dalam menulis. Bagaimana bisa?

Untuk membantu menemukan ide dalam menulis berikut ini sederet sumber yang bisa menginspirasi kita dalam membuat tulisan baik fiksi, non fiksi maupun faksi.

1. Pengalaman Pribadi

Menulis artikel dari pengalaman pribadi merupakan hal yang seharusnya mudah untuk kita lakukan mengingat kita mengalami langsung kejadian tersebut sehingga tahu persis detail peristiwanya.  

Beberapa tulisan yang bersumber dari pengalaman pribadi misalnya pengalaman anda memakai produk tertentu, baik elektronik, produk kecantikan, kesehatan, otomatif maupun lainnya. 

Anda bisa menceritakan dari awal saat pertama kali mengenal produk, alasan yang mendasari keputusan untuk melakukan pembelian/memakai produk tersebut, keunggulan dan kekurangan produk yang anda pakai secara lengkap berdasarkan pengalaman anda selama memakai produk. 

Belakangan orang makin cerdas dalam memilih produk. Tulisan-tulisan yang me-review produk tertentu selalu diburu konsumen baik yang tersedia versi cetak maupun online sebelum menetapkan pilihan membeli produk tertentu guna mendapatkan kualitas dan harga yang sesuai.

Pengalaman lain seperti jalan-jalan bersama keluarga atau sahabat mengunjungi tempat-tempat yang menarik juga bisa anda sajikan. Anda bisa menulis tentang sejarah, budaya, keragaman kuliner, keunikan dan kekhasan kondisi alam serta bangunan dan masih banyak lagi. 

Hampir semua pengalaman bisa kita tuliskan, baik yang menyenangkan, mengecewakan, menyedihkan, bahkan pengalaman pahit sekalipun. Melalui pengalaman yang anda tuliskan diharapkan pembaca akan mendapatkan manfaat dan memetik pelajaran.

2. Hobi atau Keterampilan

Hobi merupakan sumber tulisan yang tidak ada habisnya untuk ditulis. Tiap orang pasti memiliki hobi/kegemaran yang kalau ditulis bisa menjadi hal yang menarik untuk dibaca terutama oleh pembaca yang mempunyai kegemaran yang sama. 

Keseruan-keseruan terkait dengan aktivitas anda menekuni hobi tersebut bisa diceritakan secara detail sehingga pembaca mempunyai gambaran jelas tentang hobi anda.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan