Mohon tunggu...
Harits Aufaa
Harits Aufaa Mohon Tunggu... Lainnya - CEO sekreativ

Tech-Business Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Acap Kali Disalahartikan Awam, Berikut Cara Time Management yang Benar

8 Juli 2022   20:05 Diperbarui: 8 Juli 2022   20:06 25 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Well, gimana caranya jadi better time managers? Engga ada cara cepet buat ini --- buku, blog, atau productivity apps, semua itu dibikin as a tools buat nge-boost time management kita. A lot of us pasti pernah ngerasa frustrated buat ningkatin time management-ku ini, cuz aku ngerasa tools ini tuh kuncinya. 

In the other hand, basic skills buat manage ini engga ada. Secanggih apapun tools yang kita pake jadi percuma. Misal, dengan kita beli high-end camera apa bakal bikin kita auto bisa bikin video yang cakep? Engga.

First of all, kita harus improve skills that undergrid time management. Time management bisa kita artiin sebagai proses decision-making serta menyesuaikan waktu kita sama kondisi yang berubah-ubah. 

Ada tiga particular skills yang perlu kita pahami, yakni:

Awareness

Berpikir realistis tentang keterbatasan waktu kita. Engga bisa kita sikat semua kegiatan yang kita pengen, waktu kita terbatas. And cannot be denied, ini juga memungkinkan kit buat sacrifice hal lainnya, waktu tidur berkurang misalnya.

Arrangement

Bikin dan nge-organize tujuan, aktivitas, sama tugas dengan manfaatin waktu secara efektif. Misal, minggu depan kamu bakal ada ujian, nah kamu pengen nilai ujianmu bagus. Buat ngecapai goals nilai bagus itu, kalian harus atur prioritas aktivitas kalian dengan belajar.

Adaptation

Abis kita aware sama nge-arrange aktivitas, kita juga harus monitoring penggunaan waktu kita. Dan engga memungkiri juga bakal terjadi interupsi atau pergantian priortias. 

Semisal ketika kamu udah set goals buat dapet nilai bagus pas ujian, di satu sisi kamu juga ikut violin contest dan dimajuin minggu ini. Nah kamu harus adaptasi dan atur prioritas kamu mau fokus ke mana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan