Mohon tunggu...
Hari Pebriantok
Hari Pebriantok Mohon Tunggu... Lainnya - Redaktur

Wartawan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pengalaman Memperpanjang Paspor di KBRI Ankara

12 Januari 2015   10:54 Diperbarui: 17 Juni 2015   13:19 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bisa belajar, mengenal budaya  plus jalan-jalan ke luar negeri adalah impian semua orang. Termasuk saya. Saya menjadi salah satu mahasiswa yang beruntung bisa mendapatkan beasiswa Erasmus +  ke Polandia spring semester 2015 nanti. Beasiswa Erasmus +  merupakan beasiswa yang diberikan European Union untuk para mahasiswa  semua jenjang. Salah satu negara penerima beasiswa ini adalah Turki.

Disini saya tidak akan bercerita tentang beasiswa Erasmus + tersebut. Sebelum berangkat ke Polandia salah satu hal yang harus diurus adalah visa. ‘Kebetulan’ paspor saya habis bulan Mei 2015. Berhubung saya akan tinggal di Polandia kurang lebih 6 bulan sampai bulan Juli dan rencana saya akan ambil visa dari bulan Februari sampai Juli. Jadi, saya harus perpanjang paspor sebelum ‘beli’ visa.

Untuk efektifitas waktu, saya putuskan segera perpanjang paspor ke KBRI Ankara. Di kampus saya Selçuk Üniversitesi sedang dalam minggu ujian. Namun ada waktu 3 hari jeda. Jeda ini saya gunakan untuk pergi ke Ankara urus  Paspor.

Dokumen apa saja yang diperlukan untuk perpanjang paspor?

1 Fotokopi (paspor,ikamet,öğrenci belgesi (kartu pelajar) @1)

Tips fotokopi jangan di Ankara yang dekat KBRI (mahal)

2  foto biyometrik (4 lembar)

Waktu ke tukang foto bilang ‘foto biyometrik’ untuk paspor.

3 biaya 20 US $

Jika kawan-kawan hendak memperpanjang paspor, usahakan datang pagi jam 9. Di KBRI kalian akan disuruh mengisi dua lembar form. Form pertama untuk pengajuan perpanjang paspor dan form kedua adalah form lapor diri. Jika berkas kalian masuk jam 10 pagi maka jam 4 sore paspor baru sudah bisa diambil. Sembari nunggu paspor baru saya menulis pengalaman ini di Okuma Salonu (ruang belajar) Universitas Yıldırım Beyazıt Cinnah Ankara bareng Fitriyanto kawan saya.

Ankara pukul 13.28

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun