Mohon tunggu...
Suharto
Suharto Mohon Tunggu...

Penulis blog http://ayo-menulislah.blogspot.co.id/, http://ayobikinpuisi.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Bagaimana Cara Menulis yang Menyenangkan Itu?

16 Maret 2016   09:35 Diperbarui: 16 Maret 2016   10:03 154 5 1 Mohon Tunggu...

[caption caption="Ragam Media - www.freepik.com"][/caption]Menulis adalah pekerjaan yang menuntut konsentrasi. Jadi terasa janggal kalau judul di atas berbunyi "Bagaimana Cara Menulis yang Menyenangkan itu?" Itulah tantangan kita. Berikut ini ada beberapa cara yang mudah-mudahan bisa membuat kita menulis dengan cara yang menyenangkan.

1. Semangat Menulis
Mengerjakan segala sesuatu memang harus dilandasi semangat, termasuk menulis. Dapat dipastikan sebuah pekerjaan tidak akan pernah selesai kalau tanpa semangat. Penulis yang mendasari tulisannya dengan "semangat" akan lebih menikmati untuk menggarap karya tulisnya. Semangat adalah motor penggerak yang bikin kita antusias untuk menyelesaikan pekerjaan.

2. Menulis harus Menyenangkan
Dalam diri setiap orang dewasa sebenarnya ada keinginan untuk bermain seperti semasa kanak-kanak. Namun lingkungan memaksa orang dewasa untuk tidak melakukannya. Tetangga sekitar akan geleng-geleng kepala kalau melihat orang dewasa seru-seruan main layang-layang. Semua orang pernah mengalami masa kanak-kanak maka pengalaman itu mustahil bisa dihilangkan begitu saja dari memori. Keriangan bermain di masa kecil dapat kita transformasikan saat kita menulis.

Jadikan waktu menulis menjadi waktu bermain yang seru. Kita bisa bikin aturan, misalnya tidak boleh bicara, tapi harus menulis di kertas. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan lucu sehingga menarik untuk menuliskan jawabannya di kertas. Cobalah menciptakan permainan-permainan yang baru.

3. Bikin Tempat Nyaman untuk Menulis
Rumahku adalah istanaku adalah kata kunci yang tepat merealisasikan mimpi kita untuk menjadi penulis kreatif. Buatlah tempat kerja atau sebuah pojok istimewa untuk menulis. Lengkapi dengan kertas dan aneka alat tulis berwarna. Kita akan selalu termotivasi untuk menulis saat memasuki ruang istimewa ini. Aura kreatif akan merasuki diri kita kalau suasana tempat itu dibuat total untuk calon penulis. Kita bisa tempeli kata-kata motivasi tentang kepenulisan sehingga semangat kita tetap terjaga. Misalnya, "Untuk jadi penulis hanya butuh 1% bakat dan 99% kerja keras", "Menulislah sebanyak mungkin mumpung toko buku masih banyak" Dan lain-lain.

4. Kreatif dengan Aneka Barang
Orang kreatif selalu punya jalan keluar dan alur pikiran yang lain dari kebanyakan orang. Orang-orang kreatif punya cara tersendiri untuk mengekpresikan keinginannya. Pekerjaan menulis tidak melulu harus rapi di tempat yang sudah tersedia karena ide bisa datang kapan saja dan dimana saja. Untuk itu orang kreatif bisa memaksimalkan media apapun untuk menangkap ide yang datang. Kita bisa menulis di gadget, di kain lap, di dinding kamar misalnya. Percikan ide ini nantinya bisa dijabarkan sepenuh hati dengan konsentrasi maksimal untuk dituang di lembar kerja yang sesungguhnya.

Demikian beberapa kiat agar kita bisa menulis dengan cara yang menyenangkan. Mudah-mudahan bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x