Mohon tunggu...
Hardlen Crisabel
Hardlen Crisabel Mohon Tunggu... Digital Journalism student
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Interested in entertainment, music and writing.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Khasiat Minyak Zaitun, Pencegah Penyakit Jantung sampai Kanker

28 Agustus 2019   11:29 Diperbarui: 28 Agustus 2019   11:30 47 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Khasiat Minyak Zaitun, Pencegah Penyakit Jantung sampai Kanker
Minyak zaitun (Foto: The Daily Meal)

Sudah tidak asing lagi bahwa minyak zaitun memiliki berbagai macam kegunaan yang dapat berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Jenis minyak yang satu ini berasal dari kawasan Mediterania, yang mana pada saat ini sudah tersebar ke berbagai wilayah lain di dunia.

Minyak dengan nama ilmiah Olea europaea ini merupakan jenis minyak yang didapatkan dari hasil perasan buah zaitun. Di dalam minyak zaitun terkandung bermacam nutrisi seperti lemak baik, vitamin, omega-3 serta omega-6. Minyak zaitun tidak memiliki kandungan karbohidrat dan protein sama sekali.

Selain dikenal sebagai salah satu jenis minyak yang digunakan dalam memasak makanan, minyak ini juga banyak dipakai menjadi bahan dasar kosmetik, sabun dan produk lainnya, atau bahkan dikonsumsi langsung untuk kesehatan.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut ulasan tentang berbagai macam manfaat yang dapat diperoleh dari minyak zaitun.

  • Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Minyak zaitun merupakan sumber utama lemak makanan dalam melakukan diet Mediterania. Dengan mengonsumsi makanan berbahan minyak zaitun menunjukkan tingkat kematian yang disebabkan penyakit kardiovaskular lebih rendah di wilayah Mediterania.

Melansir Medical News Today, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara teratur akan lebih kecil kemungkinan terserang penyakit yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular seperti hipertensi, stroke dan hiperlipidemia.

  • Membantu memerangi penyakit Alzheimer

Penyakit Alzherimer merupakan penyakit dengan kondisi neurodegeneratif yang paling umum ditemukan di dunia. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan plak beta-amiloid di dalam sel otak.

Dalam suatu studi ditemukan hasil bahwa minyak zaitun dapat membantu menghilangkan plak tersebut. Studi lain juga menjelaskan bahwa diet Mediterania kaya akan penggunaan minyak zaitun yang dapat bermanfaat bagi fungsi otak.

  • Mencegah terkena serangan penyakit jantung

Sebuah studi yang dilakukan di Madrid dengan melibatkan puluhan ribu orang dewasa berusia 26 sampai 69 tahun fokus pada penggunaan metode minyak zaitun dalam memasak.

Hasilnya, orang yang biasa mengonsumsi makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak zaitun atau bahkan minyak bunga matahari diketahui tidak memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung dan kematian dini.

  • Mengurangi risiko terkena kanker payudara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x