Mohon tunggu...
Hara NathasyaPurba
Hara NathasyaPurba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Narasi Mengenai Proses Geladi Hominisasi

24 November 2022   10:27 Diperbarui: 24 November 2022   10:36 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam melakukan proses geladi Hominisasi yang saya lakukan yaitu mengerjakan tugas-tugas pra gladi yang dikirimkan lewat gmail, tugas yang harus dikerjakan yaitu mendengarkan serta menjelaskan bagian syair yang saya rasa menarik, serta tugas lainnya yaitu memilih 1 film documenter dari 10 pilihan film documenter yang tersedia dan menjawab pertanyaan yang ditanyakan dan harus sesuai dengan minimal kata yang teah ditentukan. Setelah itu dikumpulkan melalui form yang tersedia di gmail. Kemudian pada hari H gladi, banyak kegiatan yang dilakukan, dimulai dari pembukaan yaitu dimulai dengan berdoa, mendengarkan lagu Indonesia raya 3 stanza dan kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan hymne Unpar, kemudian sampai pada tahap breakout room yang dimana saat di breakout room pertama saya dan kelompok saya saling berkenalan sehingga dari yang sebelumnya tidak saling mengenal menjadi kenal. Di breakout room kedua kami mulai membahas mengenai presentasi yang akan kelompok kami lakukan, kemudian pada breakout room ketiga kami melakukan presentasi mengenai tema hari pohon sedunia. Setelah selesai presentasi di breakout room ketiga, dari 4 kelompok yang sudah melakukan presentasi dipilih lah salah satu kelompok yang dirasa paling baik yang kemudian menjadi perwakilan dari breakout room untuk ditandingkan kembali di main room. Setelah semua kelompok yang terpilih selesai melakukan presentasi, dilakukan voting untuk menentukan kelompok mana yang paling baik dalam melakukan presentasi. Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan penutupan, penutupan ini dilakukan dengan mendengarkan hymne Unpar dan dilanjutkan dengan doa penutup. 

Refleksi mengenai pengalaman saya terkait geladi Hominisasi adalah dengan mengikuti geladi Hominisasi ini saya mendapatkan banyak sekali pembelajaran dan pengetahuan baru, sehingga setelah saya mengikuti geladi Hominisasi ini saya membawa pengalaman baru yang dapat berguna di dalam kehidupan saya. 

Selain itu, menurut saya kita perlu kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara karena dengan menggunakan logika kita dapat mengaitkan hal-hal yang ada sehingga dapat saling berkaitan dan masuk diakal, selain itu jika kita mempunyai kemampuan bahasa kita dapat menggunakan bahasa yang baik dan jelas sehingga tidak berbelit-belit. 

Tentunya banyak manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan geladi Hominisasi ini seperti menjadi banyak mengenal orang-orang baru dan saya juga belajar untuk bisa bekerja sama di dalam team apa lagi didalam team tersebut tidak ada yang saya kenal sama sekali sebelumnya. 

Kemampuan yang secara singkat saya pelajari dalam geladi Hominisasi yang akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah yaitu kemampuan untuk bekerja sama dengan kelompok dan kemampuan untuk melakukan presentasi. Cara saya meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa sebagai warganegara yaitu dengan memperbanyak relasi dengan orang banyak dan melakukan diskusi dengan mereka sehingga dapat melatih dan meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir dan berbahasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun