Mohon tunggu...
insan kamil
insan kamil Mohon Tunggu... mahasiswa biasa

Hanya seorang mahasiswa yang terkadang resah

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Membantu Seseorang yang Sedang Depresi

16 September 2019   08:51 Diperbarui: 8 Oktober 2019   12:21 0 6 2 Mohon Tunggu...
Membantu Seseorang yang Sedang Depresi
ldsliving.com

Sedih, hampa, putus asa. Pernah merasakannya? Atau mungkin salah satu orang terdekat Anda mengalaminya? Semua orang pasti pernah merasakan hal-hal tersebut. 

Menurut World Health Organization (WHO), depresi merupakan penyakit paling umum di seluruh dunia. Ternyata tak hanya orang-orang di negara berkembang saja yang mengalami depresi, tapi orang-orang di negara maju pun demikian.

Jadi apa itu depresi? Menurut American Psychiatric Association, Depresi (major depressive disorder) adalah penyakit medis umum dan serius yang memengaruhi secara negatif perasaan Anda, cara Anda berpikir, dan cara Anda bertindak.

Depresi sendiri lebih umum terjadi di kalangan wanita, karena wanita sering kali cepat sekali kehilangan minat pada suatu hal.

Depresi adalah gangguan yang serius yang mempengaruhi banyak orang dari muda hingga tua. Kehidupan sehari-hari akan terganggu dan tidak hanya mengganggu mereka yang menderita, namun juga orang-orang di sekitarnya. 

Depresi dapat berkembang secara lambat, bahkan kadang seseorang yang mengalami depresi tidak sadar bahwa mereka tidak berperilaku seperti biasanya. Seringkali keluarga atau teman yang pertama menyadari jika ada seseorang di sekitar mereka yang mengalami depresi.

"kamu kok gak kaya biasanya? Ada masalah apa?"

Jika kita yang melontarkan pertanyaan itu, berarti kita sudah peka dan menyadari bahwa orang terdekat kita sedang ada masalah atau bahkan mengalami depresi. Jika seseorang yang dekat dengan kita mengalami depresi, tentu kita bisa sedikit tahu bagaimana sulitnya itu. 

Depresi adalah kondisi yang serius. Depresi menghabiskan energi, optimisme dan motivasi seseorang. Terkadang seseorang tidak bisa mengahapinya sendiri, maka disitulah peran kita sebagai orang terdekatnya ada untuk membantunya. 

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk menolongnya? Nancy Schimelpfening menulis bagaimana membantu sesorang yang depresi di antaranya sebagai berikut.

Mendidik Diri Sendiri
Banyak sekali tulisan-tulisan baik buku maupun artikel-artikel di internet yang membahas depresi di mana kita dapat belajar tentang apa itu depresi, bagaimana gejalanya dan perlakuan apa yang sebaiknya kita lakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x