Mohon tunggu...
Hannifa Nur Kemala
Hannifa Nur Kemala Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional

Hi there i'm a 3rd year student majoring in International Relations who's still wondering about how everything works. Ask me to cook anything except baking;)

Selanjutnya

Tutup

Cryptocurrency Pilihan

Apa itu DeFi? Wajib Diketahui sebelum Masuk ke Dalam Dunia Kripto!

2 Agustus 2022   14:05 Diperbarui: 2 Agustus 2022   16:33 150 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Definisi DeFI

Jika anda termasuk ke dalam yang up-to-date dalam sistem keuangan digital seperti blockchain atau cryptocurrency, istilah DeFi mungkin bukanlah sesuatu yang asing di telinga anda. Tetapi jika anda baru akan memasuki dunia tersebut, penting bagi anda untuk mengetahui istilah-istilah yang ada di dalamnya seperti DeFI. 

DeFi (Decentralized Finance) atau keuangan terdesentralisasi ialah sebuah layanan keuangan digital yang tidak dijalankan di bawah wewenang lembaga pusat seperti bank atau institusi keuangan lainnya, melainkan menggunakan blockchain sebagai pengganti dari pihak ketiga (Tokocrypto, 2021). 

DeFi bersifat open source atau terbuka bagi siapapun tanpa adanya batasan, tidak seperti bank konvensional yang mengharuskan para pengguna nya untuk membuka rekening terlebih dahulu. Semua orang yang memiliki koneksi internet dapat menggunakan layanan yang ditawarkan oleh DeFi.

Bagaimana cara kerja DeFi?

Dalam pembuatannya, DeFi berusaha untuk menciptakan infrastruktur yang dapat menyediakan berbagai jenis layanan keuangan yang dapat dinikmati oleh seluruh pelaku bisnis saat ini, seperti untuk mendapatkan pinjaman, mendapatkan bunga desposito, serta kegiatan transaksi lainnya tanpa melibatkan campur tangan otoritas pusat sebagai pihak ketiga . 

Untuk mencapai tujuannya tersebut, DeFi menggunakan teknologi blockchain yang berfungsi untuk melacak dan mencatat seluruh kegiatan transaksi yang dilakukan pada platform tertentu, dan Smart Contract / kontrak pintar yang pada dasarnya merupakan instruksi untuk menjalankan sebuah aplikasi. 

Misalnya, jika anda menekan tombol "C" pada keyboard, sistem yang terdapat pada Komputer akan mengirimkan instruksi untuk menampilkan "C" pada layar komputer anda, hal tersebut sama seperti cara kerja dari smart contract yang ada pada DeFi (Becker, 2022). 

Ketika pengguna DeFi dianggap telah memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi, smart contract akan secara otomatis menjalankan apa yang telah diinstruksikan.

Perbedaan DeFi dengan sistem keuangan tradisional      

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cryptocurrency Selengkapnya
Lihat Cryptocurrency Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan