Mohon tunggu...
SOFIANA HS
SOFIANA HS Mohon Tunggu... Seorang ibu..

Mencoba menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Barongsai Naga dan Singa, Keduanya Hebat

13 Februari 2021   20:25 Diperbarui: 14 Februari 2021   09:24 259 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Barongsai Naga dan Singa, Keduanya Hebat
Foto: Bobo.grid.id. Tari naga. (Public Domain)

Saya kadang kadang keliru, semuanya saya sebut Barongsai. Ternyata ada Barongsai Singa dan Barongsai tarian Naga.

Barongsai yang menarik merupakan tarian kesenian tradisional Cina yang selalu ada di perayaan Imlek . Menjadi hiburan  bagiku dan keluarga.

Saya tahu, ada 2 barongsai yang memiliki dua jenis tarian yaitu tarian singa dan naga.

Barongsai berbentuk singa dengan tubuh bersisik layaknya naga biasanya dimainkan oleh dua orang dan diikuti aksi akrobatik.

Sedangkan untuk tarian naga yang lebih panjang biasanya dimainkan sekelompok orang yang memegang tongkat untuk mengangkat sang naga agar menari berliuk-liuk. Barongsai digerakkan dengan berbagai atraksi diiringi dengan gong, drum, dan  yang dipercaya mampu mengusir setan dan membawa keberuntungan bagi setiap orang.

Disebuah mal saya menyaksikan Barongsai singa   yang suka bermain dan ingin tahu dengan kecenderungan untuk berbuat nakal . Matanya berkedip kedip. Anakku yang biasanya takut, menjadi akrab.Memberi angpao anakku  menunggu singa mendekat dan bertemu dengan simata besar, lalu memasukkan sedikit sumbangan ke mulutnya  di dalam amplop merah yang dibagikan panitia setelah kuisi .

Sebuah amplop merah dikenal sebagai angpao atau hong bao dalam bahasa Mandarin dan katanya secara simbolis melambangkan keberuntungan dan kemakmuran.

Naga muncul dengan cepat, kuat, dan misterius disebuah mall besar . 

Tarian naga membutuhkan keterampilan akrobatik dan pelatihan keras bertahun-tahun dari para seniman yang terlibat.Kabarnya mereka ahli kung fu atau silat China. Jadi sudah terlatih lama,iya.

Tarian singa dan naga begitu   populer selama Tahun Baru Imlek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN