Mohon tunggu...
Hanif Mwfq
Hanif Mwfq Mohon Tunggu... true lives of east indies

Mahasiswa yang sedikit compang camping namun tetap bertahan dalam badai semesteran

Selanjutnya

Tutup

Musik

Musik sebagai Aktivitas Tertinggi

19 April 2021   13:49 Diperbarui: 19 April 2021   14:36 45 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Musik sebagai Aktivitas Tertinggi
dokumentasi pribadi

Musik pada masa sekarang telah menjadi aktivitas teratas yang di lakukan orang - orang, dengan mendengarkan musik yang di sukai akan membangun imajinasi yang dapat mengontrol emosi kita menjadi lebih baik. Ketika musik di dengarkan perasaan damai yang tercipta akan muncul dan kenyamanan yang di rasakan setiap putaran waktu musik itu berjalan.

Keselarasan dengan wujud waktu yang hidup yang merupakan sekumpulan ilusi & alunan suara. Serangkaian nadanya seakan mempunyai jiwa yang mampu menggerakan hati para pendengarnya(Sylado).

Menurut Merriam fungsi awal dari musik adalah sebagai media penghibur. Musik di ciptakan para komponis dan di sampaikan kepada orang - orang dengan tujuan dapat di apresiasi serta di harapkan dalam menunjang kepuasan batin bagi penikmatnya.

Musik mengandung daya rangsang kinestetik (reaksi jasmani) yaitu dapat mempengaruhi penikmatnya untuk memberi respon, baik secara aktif maupun pasif. Respon aktif biasanya berupa gerakan - gerakan fisik ataupun peniruan sajian karya musik yang didengarnya. Adapun respon pasif berwujud penghayatan yang mengutamakan kegiatan dalam mendengarkan serta memaknai karya musik yang didengarkan secara mendalam.

Banyak hal ketika mendengarkan musik kita terkadang mendapat inspirasi dalam kehidupan memberikan nilai - nilai interaksi kebaikan. Nilai interaksi artinya di dalam musik pun terkandung sebuah interaksi antar pencipta dan sumber inspirasinya bahkan dengan pencipta dan penikmat musik itu sendiri. 

Bagi kita, terutama yang suka mendengarkan musik sebagai aktivitas keseharian dapat menuangkan inovasi, kreatifitas untuk meraih prestasi dalam menantang kehidupan yang tak selalu stabil yang selalu di hadapkan pada pengaruh globalisasi serta teknologi.

Tantangan bukan berarti sebuah hambatan, tetapi sebuah bentuk kekuatan atau kemampuan yang mampu memberikan sugesti yang baik dalam menuntun berinovasi dalam mewujudkan hal - hal baik. Penting untuk di terapkan sejak usia dini agar memiliki keluwesan dalam bertindak dan penuh perhitungan dalam mengambil keputusan.

Jadi mari kita menyelaraskan insan dalam mendengarkan musik, khususnya di lingkungan sekitar kita sehingga dapat memberikan pengaruh manfaat dalam mendengarkan musik sebagai aktivitas yang lazim serta menenangkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x