Mohon tunggu...
Hani NoviantiZahra
Hani NoviantiZahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Saya merupakan mahasiswa aktif pendidikan masyarakat di Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pedagogik Kritis Itu Apa Sih?

20 Desember 2022   09:57 Diperbarui: 20 Desember 2022   10:08 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pedagogi kritis (Critical Pedagogy) dapat dimaknai sebagai pendidikan kritis yaitu pendidikan yang selalu mempertanyakan dan kritisi terhadap pendidikan itu sendiri dalam hal fundamental tentang pendidikan baik tataran teori, kebijakan hingga implementasinya. 

Pedagogi kritis mendapat pengaruh yang kuat dari pemikiran-pemikiran Paulo Freire seorang pendidik asal Brazil dalam karya tulisnya (Pendidikan sebagai praktik pembebasan, Pedagogy the oppressed, pedagogy of the heart, The Politic of Education, Culture, Power, and Liberation) dalam tulisannya dijelaskan bagaimana pendidikan itu harus dilaksanakan, terdapat upaya membebaskan manusia dalam menghadapi situasi sosial dan bagaimana pendidikan yang menekan, mendominasi serta bisa menjadikan manusia yang menerima apa adanya situasi sosial  tanpa mengkritisi situasi tersebut.

Pedagogi kritis mempunyai akar atau dimensi ideologi politik dalam konteks perjuangan sosial serta tranformasi kondisi sosial politik dari kekuasaan yang opresif untuk mencapai tatanan sosial politik yang adil dan setara. 

Dimensi filosofis disini berkaitan dengan makna serta tujuan pendidikan yang mempunyai keterkaitan dengan pendidikan sebagai praktek pembebasan dan dimensi praktis pemberdayaan manusia, individu, ataupun peserta didik melalui konsep Conscientization (pewujudan kesadaran kritis/the coming to critical consciousness). Konsentisasi ialah pemahaman mengenai keadaan nyata yang dialami peserta didik. 

Dengan begitu peserta didik akan membawa pendidikan yang berfokus pada pengembangan kesadaran kritis melalui pemahaman masalah individu dan pengalaman, untuk itu langkah praktis penting untuk dilakukan sebagai pendekatan reflektif atas tindakan yang tentunya harus melibatkan siklus teori, aplikasi, evaluasi, refleksi dan kemudian kembali lagi pada teori. Dengan begitu, siklus tersebut akan mendorong kesadaran kritis manusia akan diri dan lingkungannya.

Dalam tataran praktek pendidikan dan pembelajaran terdapat beberapa konsep penting yang menjadi bagian dari pedagogi kritis seperti constructivism, banking concept of education, problem posing education, and dialogical method. Meskipun konsep-konsep tersebut mempunyai keterkaitan dengan semua dimensi dari pedagogi kritis, namun ketika  pengimplementasiannya semua dapat terjadi meskipun mengacu pada kepentingan praktis pragmatis tanpa mengaitkannya dengan dimensi ideologi politis, sehingga dalam pelaksanaannya dapat dipandang sebagai bagian yang menyerap pedagogi kritis, baik itu kesadaran ideologis, maupun kesadaran akan pentingnya hal tersebut guna meningkatkan mutu pendidikan sehingga mampu dalam menghadapi tantangan perubahan yang cepat.


Constructivism atau kontruktivisme adalah landasan filosofis bagi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa atau peserta didik (student centered learning), dimana siswa atau peserta didik merupakan subjek aktif untuk mengkontruksi pengetahuan berdasarkan pengalaman melalui aksi dan refleksinya (belajar sebagai proses aktif di mana peserta didik membangun pemahaman dan pengetahuan mereka sendiri tentang dunia melalui tindakan dan refleksi. Individu menghasilkan aturan dan model sebagai hasil dari pengalaman mereka dengan subjek manusia lain dan lingkungan mereka dan pada gilirannya menggunakan aturan dan model ini untuk memahami pengalaman baru). 

Untuk itu pembelajaran tidak bisa memandang bahwa peserta didik sebagai tong kosong yang harus diisi oleh guru atau pendidik, sebagaimana layaknya menabung di celengan dan guru sebagai penabungnya untuk mengisi celengan peserta didik yang masih kosong (education.. as an act of depositing, in which the students are the depositories and the teacher is the depositor ->Banking concept of education).

Untuk menciptakan siswa yang aktif dalam memperolehan pendidikan serta memperluas pengetahuan, maka diperlukan strategi dan metode yang menghadapkan siswa dengan masalah yang dialaminya melalui Problem Posing Education atau sebagai metode pembelajaran pada penanaman nilai-nilai bagaimana berfikir kritis serta proses pembelajaran yang menampilkan potensi atau bakat peserta didik yang ada pada dirinya, Seperti yang dijelaskan pendidikan sebagai proses mentransfer ilmu dan informasi. 

Pendidikan juga menganut pandangan bahwa pendidikan sebagai tindakan dari kognisi yang terjadi melalui dialog antar guru dan siswa. Siswa dan guru bekerja sama menjadi orang yang sama-sama kritis dalam dialog satu sama lain. Dalam kondisi ini tidak ada satu pihak mengajar pihak lain tapi semua pihak mendapatkan tugas untuk belajar.

Guna mengimplementasikan problem posing education dalam tataran pembelajaran, maka metode dialog (Dialogical method) menjadi salah satu cara kondusif yang dapat mengembangkan serta memperkuat proses pembelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun