Mohon tunggu...
Handy Tomasoei
Handy Tomasoei Mohon Tunggu... anak kos2an yang lagi belajar menulis

belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Menabung dengan Penghasilan di Bawah 2 Jutaan

19 Maret 2020   15:46 Diperbarui: 19 Maret 2020   15:50 136 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menabung dengan Penghasilan di Bawah 2 Jutaan
sumber: loop.co.id

ketika anda bujang seperti saya dan berpenghasilan 2 jutaan atau dibawah dari itu bukanlah sebuah masalah. Bayar kos, Biaya makan, Paket Internet, Nongkrong dan lain sebagainya dapat dilakukan tanpa memikirkan apapun. Namun, pada akhirnya setiap kita akan disadarkan bahwa penghasilan yang kita punya tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup kita dan gaya hidup kita secara bersamaan.

Tulisan ini bukan yang pertama membahas tema seperti ini, tapi riset kecil -kecilan membuat saya terdorong untuk berbagi informasi yang saya peroleh .

Hal pertama yang saya dapat bagikan adalah ketika penghasilan kita masih kurang dari 2 jutaan adalah "Gak Usah Nabung". Loh Kok? 

yah... saya juga shock ketika melakukan riset kecil - kecilan. mengutip dari chanel 1% di youtube, dengan memaksakan diri menabung dengan penghasilan kecil membuat kita mengorbankan banyak hal antara lain :

1. Makanan. hal pertama ini  mungkin kelihatan kecil tapi dalam masa penghematan itu, yang di korbankan adalah makanan bergizi sehingga hal ini pun mau tidak mau akan berpengaruh kepada produktivitas kerja dan kesehatan kita. 

2. kita memilih kos dengan harga murah dengan fasilitas ala kadarnya. bukan berarti nggak boleh, tapi dengan letak kos2an yang jauh dari tempat kerja membuat peluang keterlambatan ke tempat kerja lebih besar, selain itu fasilitas Kos2an yang tidak memadai bisa membuat tidur dan istrahat kita tidak nyaman yang akhirnya bisa membuat kita cepat stres dan pada akhirnya performa kerja kita menurun

3. Hiburan. orang yang terbiasa menyendiri memang tidak terlalu berpengaruh tapi kurangnya aktifitas di luar kegiatan kerja kita  membuat resiko stres meningkat yang pada akhirnya berpengaruh pada performa kerja juga.

Hal kedua yang ingin bagikan adalah sesuai dengan judul tulisan ini, bukan sebuah kemustahilan bila kita ingin menabung. Beberapa tahun terakhir ini begitu banyak promosi berbagai platform investasi dengan modal kecil untuk anak muda milenial baik itu reksa dana, saham ataupun emas. Untuk pemula memang disarankan adalah investasi emas. salah satu produk investasi emas adalah milik pegadaian yakni tabungan emas.

Untuk membuka tabungan emas sendiri berdasarkan pengalaman saya dana awal yang dibutuhkan adalah Rp. 50,000.

salah satu kemudahan yang disediakan oleh pegadaian adalah kita dapat mendaftar melalui aplikasi pegadaian digital yang dapat di download pada playstore tanpa mengunjungi outlet pegadaian. Di sini kita dapat membeli emas dengan harga terupdate per 0.01 gram. Artinya kita dapat memperoleh emas 0.01 gram dengan modal kurang dari Rp. 10.000 . keren kan???

jadi tunggu apalagi? buat kalian yang punya penghasilan rendah dan punya niat untuk menabung tetap bisa menabung tanpa terkena inflasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN