Mohon tunggu...
Handi Aditya
Handi Aditya Mohon Tunggu... Remaja, 18 tahun. Belasan tahun yang lalu.

Bisa disapa di Twitter @juve_gl

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Mencicipi Rasa "Kala Cinta Menggoda" Milik NOAH yang Kelam dan Memilukan

10 Juli 2020   08:20 Diperbarui: 10 Juli 2020   09:45 132 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencicipi Rasa "Kala Cinta Menggoda" Milik NOAH yang Kelam dan Memilukan
Ariel NOAH di video klip Kala Cinta Menggoda ala Cinta Menggoda - Noah (Tangkapan Layar YouTube NOAH OFFICIAL)

Dalam hidup, setidaknya ada dua jenis jatuh cinta yang paling ironi. Pertama adalah jatuh cinta kepada orang yang tak balik mencintai. Kedua adalah jatuh cinta terhadap yang juga mencintai, namun sudah ada yang memiliki.

Ironi yang terakhir disebutkan di atas, kali ini coba diangkat dan diperjelas oleh grup band NOAH, di dalam lagu lawas sentimentil yang mereka kemas ulang berjudul "Kala Cinta Menggoda".

Lagu karangan Guruh Soekarno Putra yang sempat dipopulerkan oleh Almarhum Chrisye ini, disuguhkan dengan nuansa yang sangat jauh berbeda oleh Ariel dkk. Tidak ada lagi nuansa pop-etnik yang ceria, sebagaimana versi aslinya dulu.

Di versi terbarunya kali ini, yang ada hanyalah lantunan melodiktikal piano, bersanding dengan instrumen gitar dan bass yang tipis-tipis, serta hanya diiringi oleh suara dentum drum programming, yang monoton ketukannya. Tidak ada instrumen berlapis yang tumpang tindih, semuanya dibuat seminimalis mungkin.

Aransemen yang memang sengaja dibuat sederhana ini, memang bukan menjadi kemasan lagu yang paling istimewa, NOAH tentu bisa saja membuat aransemennya menjadi lebih kaya lagi. Akan tetapi justru dengan kesederhanaan inilah, lagu ini menjadi amat nyaman didengarkan.

NOAH menyuguhkan kebaruan musik "Kala Cinta Menggoda" ini ke dalam kemasan yang lebih mellow, lebih lembut, supaya penikmat musik mereka lebih mudah memahami lirik di lagu ini yang kelam, yang terdengar bias di versi sebelumnya.

Jika di versi asli yang nuansa musiknya lebih nge-pop dan ceria, kita menjadi sulit memaknai lirik di lagu ini. Namun di versi yang terbaru ini, kita akan lebih mudah hanyut ke dalam alunan musik yang sendu, pada lirik jatuh cinta yang menjengkelkan.

Lagu ini memang tidak mengangkat tema jatuh cinta yang penuh warna, serta diwarnai kegembiraan. Melainkan justru menyuguhkan rasa jatuh ke dalam cinta, yang dipenuhi dengan pilihan-pilihan sulit.

Kematangan Ariel yang tak terlalu menekankan teknik vokal bernyanyinya di lagu ini, memungkinkan kita untuk lebih mudah menerjemahkan liriknya kata per kata.

Mungkin ada banyak orang di luar sana yang baru 'ngeh', bahwa lagu "Kala Cinta Menggoda" ini, ternyata adalah lagu sedih yang sarat dengan ungkapan 'keputus-asaan'. Dan NOAH berhasil membuat bias makna di lagu ini, menjadi sangat dalam dan menyentuh, namun tetap syahdu untuk dinikmati.

Sejak jumpa kita pertama, ku langsung jatuh cinta. Walau ku tahu engkau ada pemiliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x