Mohon tunggu...
Hana Salsabila
Hana Salsabila Mohon Tunggu... writer

i'm proud to be young

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Yuk, Intip Pesona Payakumbuh Kota Batiah Kebanggaan Minangkabau

3 Maret 2021   10:44 Diperbarui: 3 Maret 2021   11:01 58 1 0 Mohon Tunggu...

Payakumbuh, merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini juga terkenal akan kulinernya yang khas dan alamnya yang indah.

Sekilas mengenai asal usul Payakumbuh. Kenapa dinamakan Payakumbuh? Karena, dahulu di wilayah ini banyak tumbuh tanaman yang bernama Kumbuah (tanaman Mensiang) yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat anyaman. Tanaman ini tumbuh di kawasan rawa-rawa yang mana orang jaman dulu menyebutnya dengan nama Payau. Nah, dari sanalah muncul nama Payakumbuh, perpaduan dari kata Payau dan Kumbuh yang secara umum dapat diartikan dengan tanaman Kumbuah yang tumbuh di Payau (rawa- rawa).

Dalam pembagian Nagari di Minangkabau, Payakumbuh termasuk dalam Nagari/ Luhak 50. Yang konon kata tetua terdahulu penduduk Luhak ini mempunyai tutur kata yang halus lagi lembut.

Payakumbuh memiliki kuliner yang khas, salah satunya adalah Batiah, yang merupakan ikon kota ini. Batiah adalah makanan yang berasal dari ketan putih yang ditanak lalu dikeringkan. Bentuknya lebih kurang mirip dengan Rengginang. Makanan ini sangat digemari oleh wisatawan maupun penduduk Payakumbuh sendiri. Jikalau berkunjung ke Payakumbuh, akan mudah dijumpai outlet-outlet yang menjual Batiah.

Selain Batiah, ada juga Gelamai. Bahan dasarnya berupa beras ketan yang dimasak bersama gula aren, sehingga makanan ini memiliki rasa manis. Gelamai mirip dengan dodol atau jenang.

Tak hanya makanan dengan rasa manis, Payakumbuh juga memiliki makanan gurih yang khas, yaitu Rendang Telur dan Pangek Cubadak.

Beralih ke pesona alam Payakumbuh. Berada di wilayah yang terbilang asri dan merupakan dataran tinggi, Payakumbuh memiliki beragam wisata alam yang sangat indah. Salah satunya Ngalau Indah yang terletak di Kecamatan Payakumbuh Barat. Wisata Ngalau Indah merupakan destinasi alam yang menarik. Pengunjung dapat menikmati segarnya alam seraya mendaki bukit Ngalau. Jika sudah sampai di puncak, akan ditemui gua Ngalau yang cantik.

Bergeser ke wilayah Taram, terdapat wisata alam Kapalo Banda. Disini pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai yang indah lagi jernih, bisa juga berenang atau sekedar bermain air di sini. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto dengan view sungai yang indah ini.

Itulah beberapa pesona dari kota yang sudah berhasil menyabet penghargaan Adipura ini. Jikalau pandemi sudah hilang dan keadaan berangsur membaik, jangan lupa untuk mengunjungi Payakumbuh. Karena banyak hal-hal menarik yang dapat Anda temukan di kota ini. Come and visit us! 

VIDEO PILIHAN