Mohon tunggu...
Hana Khairiyah
Hana Khairiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Hana Khairiyah dari Universitas Lambung Mangkurat program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Screening Film Karya Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

29 September 2022   22:10 Diperbarui: 29 September 2022   22:18 101 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para mahasiswa PMM 2 di Uiversitas Pendidikan Indonesia kembali melakukan kegiatan Modul Nusantara yang ketiga kalinya. Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan dengan meengikuti kegiatan screening film dan pameran foto karya mahasiswa Program Studi Film dan Televisi Universitas Pendidikan Indonesia pada acara Expression Difference 2.0. Acara EXPDIFF 2.0 ini dilaksakan pada Sabtu, 24 September 2022 pukul 10.00 hingga selesai di Auditorium Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia.

Kegiatan dimulai dengan sesi wawancara Onedisk dengan narasumber M. Legawa Allit A. mahasiswa pemenang lomba fotografi pada EXPDIFF 1.0 dan Arya Ardiansyah yang merupakan seorang mahasiswa terpilih untuk Festival University 2022: Welcome to Planet B di Linz, Austria. Selanjutnya, dimulai screening film dokumenter dengan judul "Awan di Atas Truk" dan "Sintas Berlayar".

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang film "Sintas Berlayar" yang sudah ditampilkan. Film ini merupakan film dokumenter seorang nelayan penyandang disabilitas, yaitu tuna daksa bernama Uus Usmawan. 

Meskipun dengan kekurangan yang dimilikinya, Pak Uus tetap semagat menjalani pekerjaannya sebagai nelayan untuk menghidupi keluarganya. Tingginya resiko yang Pak Uus pasti dapatkan di tengah laut tidak menjadi halangan bagi Beliau untuk terus berlayar.

Dokpri
Dokpri

Di sela penayangan film juga ada sedikit sesi diskusi dengan produser film tersebut untuk lebih memahami isi dari kedua film dokumenter yang telah ditayangkan. Seperti itulah gambaran kegiatan Modul Nusantara mahasiswa PMM 2 UPI kali ini. Dari kedua film yang telah ditayangkan kami dapat mengambil banyak makna di dalamnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan