Mohon tunggu...
Hana Hanifah
Hana Hanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Komunikasi/UIN Sunan Kalijaga

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jurusan Ilmu Komunikasi NIM: 20107030011

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pintar Berbahasa Inggris karena Anime

23 Juni 2021   10:29 Diperbarui: 25 Juni 2021   21:13 1432
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://id.pngtree.com

Hari ini siapa yang tidak tahu bahasa inggris? Ya bahasa inggris, bahasa yang berasal dari negara inggris dan juga bahasa dunia. Meskipun tahu apa itu bahasa inggris, banyak dari kita yang kesulitan untuk mempelajarinya. Padahal saat ini bahasa inggris sangat dibutuhkan loh untuk berkomunikasi dengan orang-orang orang dari negara lain.

Di era globalisasi dimana sekarang warga seluruh dunia bisa bertemu dalam dunia maya dan dunia nyata, kemampuan berbahasa inggris sangat di butuhkan. 

Siapa tahu ketika kita sedang asik bercengkrama dengan kawan di dunia maya, ada orang dari negara lain yang ingin berteman denganmu, tidak mungkinkan kita terus mamakai bahasa indonesia. Kan sudah ada google translate dan aplikasi penerjemah lainnya? 

Iya memang sekarang banyak sekali aplikasi pernerjemah yang memudahkan kita, namun apakah kita akan terus menerus mengandalkan mesin dan tidak belajar. Padahal jika kita bisa berbicara dengan bahasa yang sama, akan lebih asik loh.

Sebenarnya ada banyak metode untuk belajar bahasa inggris. Contohnya saja lewat pelajaran di sekolah, lewat bimbingan belajar, lewat video tutorial, lewat aplikasi ataupun software yang mengkhususkan untuk belajar bahasa inggris dan masih banyak lagi. Tapi taukah kamu bahwa belajar bahasa inggris bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana dan menyenangkan.

Bagaimana cara mempelajari bahasa inggris dengan menyenangkan? Caranya yaitu dengan mempelajarinya dari hal-hal yang kita sering lakukan. Ya, kita bisa mempelajarinya dari hal-hal yang sering kita lakukan seperti menonton film dengan bahasa inggris, membaca novel dengan bahasa inggris, mempelajari kosakata dari game-game berbahasa inggris dan yang lain. 

Karena dengan dengan mempelajari bahasa inggris dari hal-hal yang kamu suka kamu bisa menambah kosakata baru, lebih mahir dalam penggunaanya serta lebih menyenangkan dalam mempelajarinya. Bahkan kita tidak akan mudah bosan karena caranya dengan hal-hal yang biasa kita lakukan. 

Disini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang bagaimana saya bisa berbasa inggris meskipun saya masih tidak sebagus guru bahasa inggris.

Saya sangat menyukai anime dan manga (Komik Jepang). Pada awalnya saya menonton anime dan membaca manga dengan bahasa indonesia. Namun karena tidak semua anime serta manga-manga di berikan subtitle indonesia, saya pun mulai mendownload dengan subtitle bahasa inggris.

Dengan kemampuan saya yang bisa dibilang dibawah rata-rata, dengan kata lain saya hanya mengetaui hal-hal bahasa inggris yang dasar saja serta kurang dalam kosakata bahasa inggris, saya pun sangat kesulitan. Apalagi sebenarnya saya dulu bisa dibilang tidak suka dengan pelajaran bahasa inggris bahkan sempat membencinya karena susah.

Namun karena saya benar-benar ingin menontonnya saya pun berusaha untuk semaksimal mungkin untuk menerjemahkan meskipun sangat sulit apalagi dulu saya belum tahu tentang google tranlslate dan sejenisnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun