Mohon tunggu...
Hana  Anisa
Hana Anisa Mohon Tunggu... Administrasi - Tenaga Pendidik - Surakarta

Tenaga Pendidik - Surakarta - tertarik pada dunia literasi, pendidikan anak, relawan.

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Dua Barang Jadoel yang Pernah Jadi Barang Koleksi Favoritku

5 Mei 2021   23:23 Diperbarui: 5 Mei 2021   23:35 1420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.carousell.ph/

Aktivitas bersih - bersih rumah selalu menjadi kegiatan yang seru. Tak jarang aku menemukan serpihan memori di waktu aku kecil. Kenangan yang tersimpan dalam benda - benda jadoel sering membuatku tersipu malu. Saat menemukan sebuah barang, kadang aku diam termenung lalu mengingat memori apa yang ada dalam benda tersebut. Ada memori lucu, menyedihkan, mengahrukan dan lain sebagainya tersimpan dalam sebuah benda. 

Ada tiga benda yang pernah aku temukan ketika aku membersihkan rumah. Ada binder dan kertas binder dan VCD. Tiga benda sederhana yang harganya tidak seberapa, tapi kenangan yang ada di dalam benda itu begitu banyak. Tidak hanya mengingat apa saja momen yang aku rindukan, tapi memalui benda ini aku juga menyadari bahwa waktu begitu cepat berlalu. 

Binder dan kertas binder

binder dan kertas binder (https://id.carousell.com)
binder dan kertas binder (https://id.carousell.com)

Binder dan kertas binder mejadi dua buah benda yang digandrungi anak SD pada jamannya. Berbagai variasi motif dan gambar kertas binder menjadi daya tarik tersendiri untuk dikoleksi. Saat itu, aku bahkan memiliki tiga buah binder. Akupun rela menahan diri untuk tidak jajan makanan demi untuk membeli kertas binder saat pulang sekolah. Ya, di depan sekolahku ada dua orang bapak penjual kertas binder. Lapak mereka selalu diserbu oleh anak - anak saat pulang sekolah. 

Ketika kertas binder menjadi barang favorit kami, aku menyadari satu hal yaitu ternyata kami telah mempraktikkan kegiatan barter. Saat ada yang membeli kertas binder motif baru, dia akan mengumumkannya kepada teman - teman. Siapapun yang menginginkanya harus menawarkan motif kertas binder apa yang akan dia tukarkan. Aku sering melakukan itu dengan mereka. 

Binder dan kertas binder kami gunakan untuk mengumpulkan informasi biodata setiap teman. Khususnya teman dekat dan yaah bisa dibilang seseorang yang sedang kita kagumi. Rasanya bahagia sekali ketika ada anak yang sedang aku kagumi mau menulis biodata di binderku. Hampir setiap hari aku membaca tulisannya sambil tersenyum malu. Dalam hati berkata "yes, aku tahu dia ulang tahunnya kapan, makanan minuman favoritnya apa dan lain sebagainya"

Binder tidak hanya untuk menuliskan biodata teman saja, tetapi juga sebagai tempat untuk menuliskan lirik lagu. Jaman aku SD dulu, aku belum punya hp secanggih sekarang. Kalau mau internetan harus ke warnet dan itu jauh dari rumah. Kalau sekarang ingin mencari lirik lagu tinggal cari di Google saja. Hal itu tidak berlaku di jaman dulu. Waktu itu untuk menghafalkan sebuah lagu kami rela mendengarkan sebuah lagu berkali - kali, lalu menuliskan liriknya di binder. Kumpulan lirik lagu ini juga menjadi sumber contekan bagi mereka yang ingin menghafalkan lagu tersebut. Sungguh kenangan yang manis dan menyenangkan. 

VCD

Kumpulan VCD (https://www.carousell.ph)
Kumpulan VCD (https://www.carousell.ph)
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun