Mohon tunggu...
Galuh Ajeng Hamindhani
Galuh Ajeng Hamindhani Mohon Tunggu... Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota , Fakultas Teknik, Universitas Jember

181910501013

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Perlunya Pembangunan Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi

4 Desember 2019   09:32 Diperbarui: 4 Desember 2019   09:55 0 0 0 Mohon Tunggu...

Daerah merupakan bagian dari suatu negara yang terbagi oleh beberapa wilayah atau kawasan. Sebuah daerah juga perlu suatu rencana pembangunan untuk kemajuan daerah tersebut. 

Jadi tidak hanya selalu terfokuskan pada kemajuan  negara saja, melainkan salah  satu dukungan  untuk kemajuan  negara adalah dari daerah -- daerah yang termasuk dalam batas administrasinya. Kemajuan suatu daerah dengan adanya sebuah pembangunan dapat berpengaruh dalam banyak hal seperti aspek ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

Salah satu negara yang terus melakukan pembangunan guna kemajuan dan kenyamanan masyarakatnya untuk tinggal adalah negara Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau dan merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke -- empat di dunia. Artinya negara Indonesia memiliki banyak daerah di berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke. Oleh karena itu, sebuah pembangun di tiap -- tiap daerah harus dilakukan secara merata agar tidak terjadi kesenjangan atau pun persaingan antar daerah. 

Tidak hanya itu saja, tujuan sebuah pembangunan daerah adalah untuk menyediakan dan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta dapat membangun berbagai variasi kesempatan kerja yang lebih banyak di daerah tersebut.

Pada awalnya, ibu kota Indonesia berada di Kota Jakarta. Kini ibu kota negara Indonesia pindah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur sejak bulan Agustus 2019. 

Pemindahan ibu kota Indonesia dilakukan untuk pembangunan pemerataan di seluruh daerah atau wilayah Indonesia. Karena pada saat ibu kota masih di Kota Jakarta, pembangunan hanya terpusat di pulau Jawa, Sumatra, Bali, dan beberapa pulau yang berada dekat dengan lokasi Kota Jakarta. Oleh karena itu, untuk meratakan pembangunan dan menghilangkan kesenjangan antar daerah, pemerintah merencanakan pemindahan ibu kota Indonesia tepat di tengah wilayah negara Indonesia.

Sebuah pembangunan yang dilakukan oleh sebuah negara tidak hanya berpengaruh pada pelayanan sarana dan prasarana saja, melainkan berpengaruh pula dalam meningkatkan pembangunan ekonomi di tiap -- tiap daerah. Pembangunan ekonomi merupakan proses kenaikan pendapatan per kapita yang disertai dengan perbaikan sistem kelembagaan yang terkait dalam sebuah pembangunan. 

Perbaikan sistem kelembagaan yang terkait berpengaruh dalam proses kelancaran pelaksanaan suatu pembangunan karena sebuah pembangunan perlu adanya suatu kelembagaan yang ikut campur baik untuk mengatur pembangunan, baik itu dalam penyediaan dana mau pun proses pelaksanaannya.

Jika sebuah kelembagaan yang ikut andil dalam pelaksanaan pembangunan itu buruk atau melakukan sebuah kecurangan/tindakan yang tidak sesuai dengan perannya, maka proses pembangunan ini dapat terganggu dan bahkan dapat terjadi sebuah kegagalan pembangunan. 

Kegagalan pembangunan ini akan sangat merugikan bagi masyarakat daerah, kelembagaan pemerintah yang terkait atau pun perusahaan swasta yang ikut menyumbangkan uangnya untuk investasi sebuah pembangunan daerah yang dilakukan tersebut (artinya stakeholder yang terlibat akan rugi karena ikut andil/berinvestasi untuk kegiatan pembangunan daerah tersebut).

Pembangunan dengan pertumbuhan dalam bidang ekonomi berbeda,  pembangunan itu terdapat suatu kegiatan atau proses pelaksanaan yang berpengaruh dalam kenaikan pendapatan per kapita dan adanya perbaikan kelembagaan daerah. Sedangkan pertumbuhan itu adanya target yang harus dicapai atau yang merupakan sebuah tujuan untuk pertumbuhan ekonomi yang berpengaruh pada peningkatan pendapatan per kapita daerah. Persamaannya hanya terdapat pada kenaikan pendapatan daerah, sehingga pembangunan yang dapat menciptakan pertumbuhan ini perlu dilakukan dengan baik agar tujuan dari sebuah pembangunan dapat dicapai dan dapat diwujudkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x