Muhammad Hamid Habibi
Muhammad Hamid Habibi pelajar/mahasiswa

Belajar lagi... Belajar mendengarkan, belajar memahami, belajar mengatur waktu, belajar belajar belajar... belum terlambat untuk belajar...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kaki Berlubang Diabetes pun Bisa Sembuh

11 Juli 2017   10:08 Diperbarui: 11 Juli 2017   10:12 1940 1 1
Kaki Berlubang Diabetes pun Bisa Sembuh
ilustrasi foto dari bandanaku.wordpress.com

Lebaran memang moment yang tepat untuk mengunjungi sanak saudara baik yang dekat maupun jauh. Sekalian berkunjung kita bisa menanyakan kabar masing-masing termasuk masalah kesehatan. Jika saudara sakit, maka moment lebaran adalah moment yang tepat untuk menjenguk sekaligus bersilaturahmi. Seperti salah satu saudara jauh saya ini, pada lebaran sebelumnya beliau mengidap diabetes sampai susah jalan karena permukaan kakinya berlubang seperti ada luka yang susah sembuh. Dan Alhamdulillah pada lebaran kali beliau sembuh, bahkan luka berlubang di kaki akibat diabetes yang terkenal sangat susah sembuh bisa menutup dan sembuh. Sehingga beliau sudah bisa berjalan lancar bahkan sudah bekerja di sawah setiap hari.

Karena penasaran dengan cara penyembuhannya, tak tanpa ditanya pun ternyata beliau dengan sukarela bercerita kepada seluruh orang yang mengunjunginya saat lebaran kemarin. Singkat cerita, proses sembuhnya dari penyakit diabetes ini cukup unik. Beliau berpesan bahwa periksa ke dokter secara rutin itu perlu, apalagi saat kita merasakan sakit. Namun selalu meminum obat-obat resep dokter bukanlah solusi yang terbaik. Nah berikut ada beberapa tips dari beliau agar sembuh dari penyakit diabetes:

Pertama, Pikiran harus tenang. Pikiran adalah modal utama untuk kesembuhan, apapun penyakitnya. Jika kita terlalu memikirkan penyakit yang kita derita, malah hidup kita semakin sengsara dan tak kuat hadapi penyakit yang kita derita. Jadi hadapi penyakit apapun dengan suka cita.

Kedua, Gula itu tetap penting jangan sampai kekurangan. Diabetes memang ada kelebihan kadar gula dalam tubuh kita, kita harus mengurangi asupan gula baik dari gula asli maupun dari karbohidrat seperti nasi, jagung dan makanan pokok lain. Ingat ya mengurangi, jangan sampai tak beri asupan gula sama sekali. Kalau tak ada gula yang kita isi, kita malah bisa ngedrop dan kuat beraktivitas sehari-hari.

Ketiga, Selalu beraktivitas fisik atau olahraga. Olahraga adalah kunci dari kesehatan, nah walau sakit sudah menyerang, usahakan tetap rutin berorahraga agar tubuh semakin cepat pulih dan sehat kembali. Serta dengan olahraga kita bisa menjaga anggota tubuh kita yang lain, kalau malas olahraga bukannya sembuh malah kita bisa kena komplikasi penyakit lain.

Keempat, Makan tebu alami jangan makan gula olahan pabrik. Ini salah satu tips utama, memang penderita diabetes harus sangat mengurangi gula pabrikan dan ternyata ada gula murni yang sangat baik buat kita, dan tak harus beli khusus diabetes yakni langsung dari pohon tebu yang kita kupas sendiri. Ini sama seperti saat masih anak-anak yang masih suka nyolong tebu, langsung saja di makan.

Kelima, Ganti gula dengan gula aren. ingat gula aren yang lembek ya bukan gula aren yang keras kayak batu karena yang keras seperti sudah ada campuran zat yang lain kata bapaknya. Biasanya gula aren ini di makan sebagai pengganti gula saat minum kopi atau teh.

 Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.