Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama

Bagaimana Cara Memilih Gitar Second yang (Masih) Berkualitas Baik?

13 September 2020   18:04 Diperbarui: 14 September 2020   17:09 1378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gitar andalan yang selalu setia menemaniku gitaran | Dokumentasi Pribadi

Memilih gitar memang susah-susah gampang. Beli baru susah, tapi beli bekas (second) lebih susah lagi, karena sudah digunakan oleh orang lain. Orang lain itu bisa tangan pertama, kedua, ketiga, atau entahlah.

Bagi Anda yang berkantung tebal (dibaca: berduit banyak), pasti tidak akan mendapat kesulitan saat memilih gitar idaman, karena selain gitar masih gres, juga dibeli di toko musik yang tepercaya. 

Berbeda dengan para pendamba yang ngebet ingin punya gitar tapi bermodal duit pas-pasan. Membeli gitar second saja sudah bersyukur. Nah, bagaimana cara memilih gitar second yang (masih) berkualitas baik?

Izinkan saya membagikan sedikit tips berdasarkan pengalaman saya membeli gitar second pada tahun 2017 yang sampai sekarang selalu menjadi andalan saya dalam bermain gitar.

Cara saya dalam memilih gitar second yang (masih) berkualitas baik adalah:

1. Cek harga dan keaslian gitar
Memeriksa harga adalah hal pertama yang saya lakukan. Saya menggali di Google untuk menyasar para penjual gitar second di Samarinda. Kenapa harus di Samarinda?

Menimbang, saya harus melihat gitarnya secara langsung. Tidak bisa hanya mengandalkan foto gitar. Saya tidak bisa mengecek keaslian gitar jika tidak melihat dan menyentuh gitarnya langsung. 

Harga minimal setengah dari harga barunya adalah parameter yang saya tetapkan. Mustahil jika ada gitar yang berharga dua juta dalam kondisi baru, lalu waktu mau dijual dalam kondisi bekas “hanya” seharga seratus ribu! Jelas tidak masuk akal, kecuali penjualnya sinting! 

Minimal setengahnya, satu juta, dengan catatan, masih dalam kondisi bagus tanpa cacat yang parah. Tokopedia, Bukalapak, Shopee, OLX, dan lain-lain. Semua marketplace dan forum jual beli di medsos sudah saya telusuri.

Beberapa kandidat gitar idaman berseliweran di depan mata. Namun, dari sekian banyak calon gitar, hati saya berpaut pada satu gitar klasik elektrik, yaitu Yamaha CX40. Kebetulan sekali, tempat tinggal si penjual dekat dengan rumah saya.

Saya menelusuri harga baru gitar Yamaha CX40 di internet. Sekitar 1,2 juta di tahun 2017 waktu itu. Si penjual melabeli harga 750 ribu untuk gitar second-nya. Bagi saya, itu masih harga yang normal. Lebih sedikit dari setengah harga, tapi tidak mepet sekali dengan harga barunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun