Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Perlu Waktu Berapa Lama untuk Menguasai Satu Aransemen Gitar Tunggal?

21 Mei 2020   20:57 Diperbarui: 22 Mei 2020   02:38 759
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang gadis bermain gitar (Sumber : pixabay.com/langll)

Main gitar. Salah satu hobi saya selain membaca dan menulis. Dulu saya pernah menjual gitar karena butuh duit. Buat makan. Akibatnya, kok ya hambar di rumah. Bosan. Tidak ada hiburan. 

Puji Tuhan, ada rezeki, saya beli gitar lagi. Meskipun second, tapi masih dalam kondisi bagus dan oke punya. 

Gitar Yamaha CX40 sudah menemani saya selama tiga tahun terakhir ini. Gitar ini sudah sangat berjasa, mulai dari menghibur diri di rumah, sampai mengajarkan lagu-lagu bahasa Inggris kepada siswa-siswi SD yang saya cintai.

Gitar Andalan | Dokumentasi Pribadi
Gitar Andalan | Dokumentasi Pribadi

Bicara soal menghibur diri, saya punya banyak waktu untuk bermain gitar di masa pandemi. Saya belajar memainkan berbagai aransemen gitar tunggal ciptaan gitaris-gitaris lain. Seandainya saya bisa mengaransemen sendiri, mungkin akan lebih baik, karena sesuai dengan kemampuan saya yang masih semenjana. 

Ada beberapa teman yang menanyakan satu hal yang sebenarnya sangat sulit untuk dijawab, yaitu "Perlu waktu berapa lama untuk menguasai satu aransemen gitar tunggal?"

Supaya tidak ada yang menanyakan hal yang sama berulang-ulang pada saya, baik di DM atau perpesanan singkat lainnya, saya akan menjawabnya di tulisan ini. 

Menurut saya, ada tiga faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya menguasai satu aransemen gitar tunggal.

1. Tingkat kesulitan aransemen

Ada berbagai tingkat kesulitan aransemen. Dari yang mudah sampai sukar. Dari yang level beginner sampai advanced. 

Sadari kemampuan diri. Kalau kemampuan masih pemula, pilihlah aransemen yang paling mudah, tingkat beginner, terlebih dahulu. Nanti kalau sudah mulai mahir gitaran, kamu bisa mencoba untuk memainkan aransemen yang lebih sukar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun