Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru di MTsN 4 Kota Surabaya sejak tahun 2001
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka membaca dan menulis apa saja untuk dibagikan kepada orang lain dengan harapan bisa memahami dan mengerti kalau mau menerapkan apa yang ditulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Jadi Suami Siaga Dampingi Istri Berikan ASI

6 Oktober 2022   12:07 Diperbarui: 6 Oktober 2022   12:10 115 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ASI eksklusif (foto: the Asianparent)

Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber asupan nutrisi bagi bayi baru lahir, yang mana sifat ASI (Air Susu Ibu) bersifat eksklusif sebab pemberiannya berlaku pada bayi berusia 0 bulan sampai 6 bulan. 

Dalam fase ini harus diperhatikan dengan benar mengenai pemberian dan kualitas ASI, supaya tak mengganggu tahap perkembangan si kecil selama enam bulan pertama semenjak hari pertama lahir (HPL), mengingat periode tersebut merusakan masa periode emas perkembangan anak sampai menginjak usia 2 tahun. 

Pengalaman penulis yang memiliki dua orang putri dari seorang istri bagaimana dulu istri harus menyusui kedua putri dengan senangnya karena menandakan bahwa istri telah menjadi ibu yang sempurna dengan memiliki dua putri, lahir secara alami meskipun di rumah sakit, tapi persalinannya tidak perlu operasi, bisa menyusui dengan ASI tanpa hambatan bagkan sejak pertama kali kedua putri kami dilahirkan sampai kira-kira usia satu tahun.

Waktu itu hampir dua puluh enam tahun lalu putri pertama kami lahir (17 Mei 1996), kami menikah 3 September 1994, jadi hampir 1,5 tahun berikutnya kami sudah dikarunia seorang putri cantik, yang saat ini sudah berkeluarga dan menjadi seorang guru di SMP negeri di Kabupaten Sidoarjo.

Anak pertama kami lahir sehat dengan berat badan saat lahir 3,2 kg dengan panjang tubuh 52 cm di sebuah Rumah Sakit Ibu Anak di kawasan Surabaya Barat.

Sebagai suami siaga tentu senantiasa mendampingi istri dalam merawat dan tumbuh kembang anak dengan menggunakan ASI yang murah meriah dan sehat serta benyak kebaikan yang terdapat di dalamnya.

Menurut beberapa sumber ada beberapa manfaat ASI eksklusif untuk bayi

1. Mencegah terserang penyakit.

2. Membantu perkembangan fisik dan otak bayi

Sedangkan Manfaat ASI eksklusif bagi ibu adalah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan