Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru di MTsN 4 Kota Surabaya sejak tahun 2001
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka membaca dan menulis apa saja untuk dibagikan kepada orang lain dengan harapan bisa memahami dan mengerti kalau mau menerapkan apa yang ditulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Urus Mutasi Kerja Lancar berkat Kereta Api

1 Oktober 2022   16:35 Diperbarui: 1 Oktober 2022   16:36 90 10 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto penumpang Kereta Api ( lokadata.ID)

Ini kisah perjalanan karir saya sebagai seorang guru PNS. Tahun 2000 saya diterima sebagai PNS di SMP Negeri 1 Brondong Kabupaten Lamongan - Jawa Timur.

Rumah saya ada di wilayah Kabupaten Gresik, dengan jarak tempuh 96 km dari Gresik di ujung timur Kec. Menganti ke Kec. Brondong ujungbl barat Kabupaten Lamongan.

Karena jarak yang lumayan jauh sekitar 2 jam perjalanan sekali jalan, maka saya putuskan untuk tinggal di sekolah selama 5 hari kerja sementara istri dan anak tetap tinggal di Gresik, karena istri bekerja di rumah (mengelola usaha)

Setelah menjalani tugas selama 5!tahun saya mencoba untuk mengajukan mutasi ke tempat yang lebih dekat dengan rumah yaitu ke Gresik atau ke Surabaya.

Akhirnya saya mendapat tempat mutasi baru yaitu di MTsN 4 Kota Surabaya, karena proses pindahnya antar instansi yaitu dari Kementerian Pendidikan ke Kementerian Agama maka proses mutasi harus diurus ke Badan Kepegawaian Negara di Jakarta.

Tahun 2008 bulan Juli saya dengan membawa berkas yang sudah lengkap dengan niat untuk mendapatkan Surat Mutasi saya berangkat ke Jakarta dari Surabaya dengan menggunakan transportasi Kereta Api Kertajaya yang berangkat dari Stasiun Pasar Turi dan tiba di Stasiun Gambir, selanjutnya menggunakan transportasi kota Jakarta saya melakukan proses pengurusan mutasi kerja.

Karena proses mutasi di BKN  Jakarta menangani pengajuan mutasi dari seluruh Indonesia maka dibutuhkan waktu yang relatif lama, saat itu hampir 3 bulan saya mendapat kabar bahwa Surat Mutasi saya sudah selesai.

Esok harinya saya kembali ke Jakarta untuk mengambil SK Mutasi dengan menggunakan transportasi Kereta Api Kertajaya Surabaya - Jakarta pergi pulang.

Alhamdulillah kenangan mengurus Mutasi kerja bisa lancar berkat usaha yang sungguh-sungguh.

Kota Pudak, 1 Oktober 2022

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan