Mohon tunggu...
Hajar Khoerunnisa
Hajar Khoerunnisa Mohon Tunggu... Lainnya - ISTJ personality

hi everyone!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ini Resolusi Saya

6 Oktober 2020   07:57 Diperbarui: 6 Oktober 2020   08:22 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum wa Rahmatullahi wa baarokaatuh. Hello everyone! Disini saya, Hajar Khoerunnisa sebagai mahasiswa baru fakultas ekonomi dan bisnis prodi ekonomi islam Universitas Prof. Dr. Hamka ingin menyampaikan beberapa resolusi saya untuk kedepannya. 

Ya, sebagai mahasiswa baru memang sudah menjadi hal yang lazim untuk membuat sebuah resolusi guna mewujudkannya. So, ini dia resolusi saya sebagai mahasiswa baru jurusan ekonomi islam.

1. Mampu Memahami Semua Mata Kuliah yang Disampaikan.

Menurut saya langkah pertama untuk memahami suatu hal yang baru adalah mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Dimulai dari mata kuliahnya, sistem pembelajaran yang harus dilakukan secara daring serta teman-teman kampus dan para dosen yang terlibat. Karena bagaimana bisa resolusi-resolusi lain akan terwujud jika seseoarang belum beradaptasi dengan lingkungannya? Untuk itu di semester pertama dan kedua ini saya akan memfokuskan diri saya terlebih dahulu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru saya. Dan setelah saya sudah mulai terbiasa dengan lingkungan baru saya, saya yakin saya mampu untuk memahami semua mata kuliah yang diberikan para dosen. Saya akan berusaha, bekerja keras serta akan selalu bersemangat untuk mendengarkan, mencatat serta menyimak segala materi yang telah diajarkan.

2. Mampu Melalui Setiap Semester Tanpa Hambatan.

Tentu, ini adalah hal yang diimpi-impikan bagi setiap mahasiswa di luar sana. Skripsi lancar, lulus tepat pada waktunya, mendapatkan predikat cumlaude. Nah, tugas kita sekarang adalah merealisasikannya bukan hanya menjadikannya sekedar iming-iming belaka. Cara merealisasikannya mudah, yaitu dengan 3 teknik jitu. Usaha/ikhtiar kemudian Doa kemudian Tawakkal. Karena usaha tanpa doa adalah sombong sedangkan doa tanpa usaha adalah bohong. Jadi, yuk semangat lakukan 3 teknik jitu ini : )

3. Mengamalkan Segala Ilmu yang Telah Difahami

Dan ini dia point terpenting dari sebuah resolusi sukses saya kuliah di fakultas ekonomi dan bisnis lebih tepatnya pada prodi ekonomi islam. Sebenarnya, alasan saya memilih jurusan ekonomi islam adalah untuk memandang, menganalisis, dan akhirnya menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi dengan cara-cara Islam, yaitu berdasarkan atas ajaran agama Islam, Al Qur'an dan Sunnah Nabi. Menurut saya, itu hal yang sangat penting untuk dipelajari dalam kehidupan sehari-sehari kita agar tidak terjerumus kedalam perekonomian yang salah. Selain itu, melihat perekonomian dunia diluar sana bahkan indonesia pun sudah dikuasai oleh orang-orang kapitalis yang tidak bertanggung jawab. Nah, tugas kita sebagai seorang muslim untuk meluruskan serta menggantikannya agar perekonomian di dunia ini terlaksana dengan benar. Dan saya pun berharap setelah saya lulus nanti saya bisa mengajarkan kembali kepada masyarakat tentang ilmu-ilmu yang sudah saya dapat ini agar perekonomian yang berlandaskan islam ini dapat tersebar luas dan terealisasikan di kehidupan masyarakat ini.

4. Lanjut S2 di Luar Negri!!

Saya yakin ilmu ekonomi yang saya dapat di UHAMKA ini cukup untuk melanjutkan studi s2 saya ke luar negri yang mana fakultas ekonomi dan bisnis di UHAMKA pun sudah mendapat akreditasi A. So, dont doubt it! Saya pasti bisa belajar di International Islamic University Malaysia nanti, aamiin..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun