Mohon tunggu...
Hafsah Khoerunnisa Hanifa
Hafsah Khoerunnisa Hanifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Be Beautiful, Stay Humble

Suka baca wattpad, sedikit bisa masak, penggemar game PES, Counter Strike, PUBG serta masih jadi penggemar doi yang pergi dan tak kembali

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Program Kampus Mengajar: Kegiatan Menyenangkan, Segudang Pelajaran

19 Oktober 2021   08:13 Diperbarui: 19 Oktober 2021   08:23 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program kampus mengajar Angkatan 1 merupakan program lanjutan dari Kampus Mengajar Perintis. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merancang Program Kampus Mengajar ini sebagai bentuk upaya dalam menyikapi situasi Pandemi Covid-19 yang masih bergulir sampai saat ini. 

Adapun Program Kampus Mengajar Angkatan 1 telah selesai dilaksanakan. Dimulai dari registrasi bulan Februari sampai berakhirnya kegiatan dibulan Juni. dengan berbagai kegiatan terkait dengan pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar. Karena memang sasaran dari program Kampus Mengajar ini adalah Sekolah Dasar yang membutuhkan tenaga bantuan, khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal).

Adapun program ini melibatkan dosen dan juga mahasiswa dari berbagai latar belakang universitas dan program studi yang berbeda-beda. Seperti mahasiswa yang bertugas di SD Negeri Sepat, Kabupaten Majalengka yang berjumlah 4 orang diantaranya terdapat 3 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dari berbagai jurusan yakni Bimbingan dan Konseling serta Administrasi Pendidikan. Serta 1 mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan dari Jurusan Akuntasi. 

Dengan latar belakang jurusan serta universitas yang berbeda-beda ini, para mahasiswa mencoba berkolaborasi dan bekerja sama dalam melaksanakan program Kampus Mengajar dengan mengemas setiap kegiatan secara menyenangkan untuk para siswa SD Negeri Sepat.

Kegiatan utama dalam program Kampus mengajar ini mempunyai beberapa fokus kegiatan, diantaranya adalah:

  • Membantu Program Pembelajaran

Penerapan pembelajaran yang menarik dengan berbagai media dan juga berbagai metode tak lupa juga ice breaking diterapkan sejak awal pembelajaran, sangat efektif untuk merubah perilaku peserta didik menjadi lebih aktif, fokus dan antusias dalam setiap pembelajarannya. Tak hanya itu, dengan memanfaatkan beberapa gerak tubuh dalam pembelajaran sehingga peserta didik aktif secara fisik dan membuat lebih segar dan nyaman serta tidak kaku saat pembelajaran. 

Peserta didik semakin lama semakin aktif menjawab pertanyaan yang sesekali diberikan dan aktif untuk memberikan pendapatnya. Tidak hanya di kelas, peserta didik juga aktif bertanya di whatsapp grup meski hanya sekedar memastikan tugas bahkan berdiskusi tentang pembelajaran yang kurang dipahami.

  • Membantu Adaptasi Teknologi

Adapun dalam membantu terhadap adaptasi teknologi, dimulai dari hal yang paling sederhana yakni dengan menggunakan fasilitas internet dengan aplikasi whatsapp grup untuk pembelajaran, pemberian tugas, pengumpulan tugas dan juga sebagai sarana informasi. 

Selama menggunakan whataspp grup ini juga, peserta didik lebih aktif untuk bertanya mengenai informasi yang tidak diketahui dan juga lebih aktif dijadikan media diskusi hal yang tidak dipahami. Selain itu saya juga mengenalkan salah satu media pembelajaran daring yakni zoom sebagai fasilitas pembelajaran saat online. 

  • Membantu Administrasi Sekolah

Rekan mahasiswa juga melengkapi administrasi sekolah yakni dengan membuat mading sederhana yang sebelumnya tidak dimiliki oleh sekolah. Memang mading dibuat dari bahan sederhana dan terjangkau yakni dari banner. Banner tersebut di desain semenarik mungkin agar menarik perhatian warga sekolah. Mading ini nantinya sebagai media penyebaran informasi sekolah dan hal lainnya.

Namun, tentu terdapat program lain diluar 3 kegiatan pokok tersebut yang dilaksanakan oleh para mahasiswa. Salah satunya adalah membuat kegiatan perlombaan.

Setelah melaksanakan PAT (Penilaian Akhir Tahun) yang dilaksanakan selama 4-5 hari dari tanggal 14 Juni-18 Juni 2021. Para mahasiswa Kampus Mengajar membuat rancangan kegiatan perlombaan. Sebagai salah satu kegiatan untuk melepas penat setelah menjalani PAT, selain itu kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa dan juga keterampilan bekerja sama antar siswa.

Adapun beberapa lomba yang diselenggarakan meliputi lomba makan kerupuk, lomba estafet tepung, lomba estafet sarung. Lomba ini dapat diikuti oleh berbagai jenjang baik Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, dan juga Kelas 5.

Kegiatan perlombaan ini dilaksanakan satu hari saja, tepatnya di hari Selasa tanggal 22 Juni 2021. Berlangsung sejak pagi hingga siang, namun para siswa terus semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan perlombaan ini. Secara tidak langsung, para siswa ini mendapatkan segudang pelajaran dalam perihal bagaimana cara bekerja sama untuk memenangkan pertandingan yang berkelompok, seperti lomba estafet tepung dan estafet sarung. Dan tentu, komunikasi antar siswa pun menjadi terjalin.

Selain itu, para siswa pun saling mendukung antar sesama teman dengan harapan dapat memberikan semangat agar dapat memenangkan pertandingan. “Ayo Azka, Ayo Azka.” Teriak anak-anak kelas 1 pada Azka, salah satu siswa yang mengikuti perlombaan makan kerupuk. Tak peduli betapa teriknya panas matahari, mereka terus berteriak hingga Azka menghabiskan kerupuknya, dan walaupun dia tidak memenangkan juara pertama.

Sc: Dokumen Pribadi
Sc: Dokumen Pribadi

Adapun akhirnya yang memenangkan pertandingan mendapatkan reward. Reward yang disiapkan berupa makanan ringan, minuman dan juga alat tulis. Sehingga, yang memenangkan perlombaan sangat gembira dan tentu menikmati reward tersebut bersama-sama dengan teman kelasnya masing-masing. Hal ini juga menjadi pelajaran berharga bagi teman-teman. Semua bahagia dan juga mendapat pelajaran berharga.

Semoga untuk Kampus Mengajar Angkatan 2 dan seterusnya mampu mengemas berbagai kegiatan yang menarik bagi siswa sehingga pengetahuan dan juga keterampilan dapat lebih efektif diserap oleh siswa siswi disekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun