Mohon tunggu...
Haffidh Mahendra
Haffidh Mahendra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Mengenalkan Grunge Kepada Generasi Y dan Z

18 November 2020   20:54 Diperbarui: 19 November 2020   22:02 315 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenalkan Grunge Kepada Generasi Y dan Z
ilustrasi musisi grunge. (sumber: pixabay.com/A_Werdan)

Siapa yang tidak kenal musik grunge? Musik yang bisa dibilang kumuh ini identik dengan kemeja flanel/kaos oblong, celana jeans yang robek-robek di beberapa bagian, dan sepatu Converse sudah menjadi favorit anak muda tahun 90-an.

Sekarang, grunge pelan-pelan hilang dari pandangan masyarakat Indonesia. Terutama generasi Y dan Z. 

Akibat dari kemajuan teknologi yang pesat, industri musik juga ikut berkembang dengan melahirkan musik-musik modern. Para remaja generasi Y dan Z lebih menyukai lagu pop, indie, dan EDM (Electronic Disk Music) yang menjadi lagu favorit mereka, yang katanya lebih santai dan enak di dengar.

Di balik kemajuan industri musik di dunia, grunge sangat berpengaruh terhadap kemajuan musik rock saat ini. Kesuksesannya di tahun 90-an tidak luput dari sejarah grunge itu sendiri. 

Sejarah grunge tahun 80-an dan 90-an

Grunge sebenarnya sudah lahir di tahun 60-an. Salah satu musisi yang terkenal waktu itu adalah Neil Young. Namun grunge dibesarkan di Seattle, Washington, pada pertengahan tahun 80-an. Hal itu membuat grunge dikenal sebagai Seattle Sound karena pada saat itu banyak band-band grunge terbentuk di Seattle. 

Keberadaan musik grunge bukan karena keinginan untuk menjadi populer di depan banyak orang, tetapi sebagai bentuk dari kebebasan berekspresi. Genre itu identik dengan distorsi gitar yang kotor dan kasar, Gaya busana yang tidak ribet, serta suara vokalis yang berat.

Hadirnya grup band Soundgarden menjadi awal perkembangan musik grunge. Grup band tersebut memiliki empat anggota, yaitu Chris Cornell sebagai penyanyi dan pemain gitar , Kim Thayil juga sebagai pemain gitar, Hiro Yamamoto sebagai pemain bas , dan Matt Cameron sebagai pemain drum. 

Salah satu single terpopuler dari Soundgarden adalah “Black Hole Sun”. Tetapi waktu itu Soundgarden dan grunge masih belum banyal dikenal oleh orang-orang karena kalah dengan grup band rock yang waktu itu populer seperti GnR, Scorpion, Van Halen, dsb.

Akhir tahun 80-an grup band Nirvana muncul dengan ciri khas lirik-lirik lagu yang sulit dimengerti, namun tidak ribet. Grup band yang beranggotakan Kurt Cobain sebagai penyanyi dan pemain gitar, Dave Grohl sebagai pemain drum, dan krist Novoselic sebagai pemain bas, mencapai puncak karir pada album Nevermind yang rilis tahun 1991.

“Load up on guns, bring your friends
It's fun to lose and to pretend”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x