Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Jurnalis.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019, 2020, dan 2021. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Soal Etos Kerja, Marcus/Kevin Layak Dicontoh Pemain-Pemain Indonesia

20 November 2021   06:05 Diperbarui: 20 November 2021   15:27 3701 18 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke semifinal Indonesia Masters 2021/KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Dalam hal move on dari kegagalan lantas kembali menampilkan permainan terbaiknya secara konsisten, pebulu tangkis-pebulu tangkis Indonesia harus belajar dari Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya.

Pasangan ganda putra ranking 1 dunia ini layak menjadi role model tentang bagaimana menjaga semangat dan etos kerja di lapangan. Mereka pantas jadi contoh.

Bukan hanya bagi pemain-pemain muda. Tetapi juga bagi mereka yang sudah berstatus senior tapi penampilannya di lapangan masih sering 'masuk angin'. Sering jadi unggulan tapi penampilannya labil dan galau bak anak muda yang dilanda kasmaran.

Ketika banyak pemain Indonesia berguguran di turnamen Indonesia Masters 2021 karena alasan yang berbeda-beda, beda cerita dengan Marcus dan Kevin. 

Kamis (19/11) kemarin, mereka menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke babak semifinal Indonesia Masters 2021 yang digelar di Bali.

Ketika banyak orang serasa memaklumi kegagalan pemain-pemain Indonesia di Indonesia Masters 2021 karena alasan kelelahan usai tampil beruntun di tur Eropa, alasan itu serasa usang di hadapan Marcus/Kevin.

Ya, bila alasan kelelahan yang dijadikan 'tameng' dari kegagalan pemain-pemain Pelatnas di turnamen ini, kurang lelah apa coba Marcus dan Kevin?

Malah, mereka menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang tampil beruntun di Piala Sudirman, Piala Thomas, Denmark Open, French Open, hingga Hylo Open. Bahkan, mereka melangkah jauh sampai ke final French Open dan juara di Hylo Open.

Harusnya, mereka yang paling capek.

Toh, Marcus/Kevin masih bisa tampil dengan penampilan yang stabil di Bali. Mereka sudah kembali ke performa terbaiknya selepas kegagalan di Olimpiade 2020 lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan