Mohon tunggu...
Habibah
Habibah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Selain menulis di Kompasiana, saya juga menulis di brownisnis.blogspot.com.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Bolu Gedong Maja Oleh-oleh Khas Majalengka

25 Juli 2020   15:03 Diperbarui: 25 Juli 2020   14:58 662
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kemasan Bolu Gedong Maja/Sumber: Dokumen Pribadi

Beberapa waktu lalu, teman kakak saya mampir ke rumah. Ya, hanya mampir. Tapi walaupun mampir, nyatanya teman kakak saya itu memberi oeh-oleh loh. Jadi ya, apakah mampirnya benar-benar mampir karena kebetulan lewat atau mampir yang disengaja, saya tidak tahu. 

Yang jelas, teman kakak saya itu mampir dan memberikan oleh-oleh dari kota asalnya. Tapi ya sudahlah. Saya tidak ingin bahas orangnya. Bahas oleh-olehnya saja. Hehe.

Dari pembicaraan kakak saya dan temannya yang saya dengar samar-samar, rupanya teman kakak saya itu berasal dari Majalengka. Jadi tentu saja ia memberikan makanan oleh-oleh Majalengka pula. Yang tak lain adalah Bolu Gedong Maja. Namun, nama Bolu Gedong Maja itu terasa asing bagi saya. 

Karena sekalipun saya memiliki banyak teman orang Majalengka, saya tidak pernah mendengar nama Bolu Gedong Maja dari mereka. Dan kali ini, saya justru mengetahuinya dari orang asing yang berasal dari Majalengka.

Jika dilihat dari bentuknya, Bolu Gedong Maja ini hampir mirip dengan Bolu Susu Lembang yang menjadi makanan oleh-oleh kota asal saya, Bandung. Mulai dari panjangnya, lebarnya, teksturnya, sampai taburan keju yang menjadi toping bolunya. Hm.. benar-benar hampir sama persis. Namun, kedua bolu tersebut tetap saja memiliki perbedaan. 

Salah satu diantaranya adalah rasa.  Jika Bolu Susu Lembang terkenal dengan varian rasa susu dan coklat, Bolu Gedong Maja ini justru memiliki cita rasa mangga yang khas. 

Aroma mangganya tercium menggoda, serta rasa mangga yang tetap berasa walaupun telah menjadi olahan dalam bentuk bolu. Jadi, tentu saja kamu akan merasakan cita rasa yang berbeda walaupun keduanya memiliki beberapa persamaan.

Selain rasa, perbedaan kedua bolu tersebut tentu saja terlihat dari motif kemasannya. Seperti yang diketahui, Bolu Susu Lembang memiliki kemasan yang bergambar pepohonan dan pegunungan. Ditambah logonya yang bergambar sapi dan tulisan 'Lembang Bolu Susu' dibawah gambar sapi tersebut. 

Sedangkan Bolu Gedong Maja memiliki kemasan yang menggambarkan buah mangga segar beserta logonya yang bergambar sesawahan dan sebuah tugu khas Majalengka. Yang setelah ditelusuri, ternyata tugu tersebut adalah Tugu Gedong Gincu yang menjadi ciri khas Majalengka. 

Dimana Tugu Gedong Gincu tersebut menggambarkan bahwa Majalengka memiliki buah Mangga Gedong Gincu sebagai salah satu buah-buahan khasnya. 

Hal ini terlihat dari bagian atas tugu tersebut yang menunjukkan replika dari buah Mangga Gedong Gincu. Yang kemungkinan besarnya, buah Mangga Gedong Gincu pula yang menjadi bahan dasar dari pembuatan Bolu Gedong Maja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun