Mohon tunggu...
Gusti Mahadhian Putra Y
Gusti Mahadhian Putra Y Mohon Tunggu... Trisakti High School of Tourism

Hi! Selamat Datang di Website Ini. Saya Gusti Mahadhian Putra Yudhiantono, Mahasiswa aktif Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Program Studi S1 Hospitality dan Pariwisata. Saya adalah Penerima Beasiswa Unggulan 100% dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Artikel Opini dari Buku "Heritage Management And Interpretation" oleh Abdelkader Ababneh

19 Februari 2021   05:15 Diperbarui: 19 Februari 2021   06:48 145 2 0 Mohon Tunggu...

Hai, perkenalkan nama saya Gusti Mahadhian Putra Yudhiantono, Mahasiswa Semester 3 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta penerima Beasiswa Unggulan 100% tahun Angkatan 2019.

Kali ini saya membuat artikel opini dari sebuah buku berjudul "Heritage Management And Interpretation: Challenges To Heritage Site-Based Values, Reflections From The Heritage Site Of Umm Qais, Jordan" oleh Abdelkader Ababneh. 

Situs arkeologi mencerminkan identitas komunitas mereka dalam memelihara memori sosial dan juga berkontribusi pada pengembangan pariwisata. Situs warisan memiliki nilai berwujud dan tidak berwujud yang signifikan dan karenanya menjadi tempat yang menarik untuk pariwisata dan rekreasi.

Situs-situs arkeologi tidak dapat dipisahkan dari konteksnya menurut maknanya yang dibentuk bersama dan menyatu dengan tempatnya karena masalah nilai menjadi nilai menjadi semakin penting dalam warisan manajemen dan perencanaan.

Sangat penting bahwa Ketika menilai elemen nilai warisan di situs warisan, pengelola warisan harus mengidentifikasi dengan benar semua nilai potensial situs, jika tidak diidentidfikasi secara memadai, keputusan dapat berkontribusi pada marginalisasi beberapa nilai dan supremasi nilai lainnya, atau berkurangnya signifikasi suatu tempat.

Selama 30-40 tahun terakhir, teori dan praktik pengelolaan warisan berbasis nilai berkmbang ke titik dimana saat ini di Situs Warisan Dunia, setiap pelaksanaan pengelolaan situs utama atau latihan perencanaan diharapkan melibatkan nilai nilai berbeda. Para sarjana dan ahli warisan budaya semakin menyadari peran yang diminkan oleh lanskap sekitarnya yang lebih luas, atau konteks geografis yang luas dalam membantu orang orang modern untuk menafsirkan berbagai nilai di masa lalu. 

Oleh karena itu, situs arkeologi harus dinilai sebagai sumber daya dimana pemanfaatan pariwisata dan engellaan pusaka dapat beroperasi dalam kemitraan dengan berbagai kepentingan. Dalam penelitian tentang pengelolaan dan interpretasi pusaka, pengelolaan berbasis nilai tampaknya memainkan peran penting bukan?.

Ada contoh dimana nilai nilai terkait sejarah yang berbeda tanpa disadari terhampar hanya untuk sejumlah nilai terbatas, seperti di Situs Warisan Dunia Qusair Amra di Yordania. Dengan demikian nilai nilai situs mungkin tidak ditangkap dan dikelola secara memadai oleh penjaga dan sarana resmi itu sendiri.

Banyak situs warisan Yordania tidak memiliki, atau tidak mengeluarkan pernyataan misi dan tujuan mereka, selain itu, rencana yang ada tidak mencakup tujuan yang dapat diukur sehubungan dengan pemahaman pengunjung tentang tujuan pengelolaan.

Di Yordania, terdapat kecenderungan yang meluas untuk memprioritaskan perlindungan dan pengelolaan situs utama seperti monumen arkeologi, bangunan dan permukiman, terutama oleh otoritas resmi. Mengikuti periode Ottomandan mandate Inggris, Yordania menunjukkan kesadaran peninggalan arkeologi dalam pembentukan jati diri bangsa. Tampaknya nilai nilai situs arkeologi didirikan selama masa penjajahan masih berlaku.

Otoritas pemerintah, diwaktu itu, sedikit menghargai pandangan lokal, dan memberikan pertimbangan yang tidak memuaskan terhadap hubungan antara situs arkeologi dan hubungan sosial dengan masyarakat lokal, seperti dalam kasus situs Umm Qais. Cendekiawan dan praktisi manajemen sama-sama membedakan bahwa ketidaksepakatan dengan kelompok lokal meningkat ketika nilai-nilai budaya lokal diabaikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x