Mohon tunggu...
Gustaaf Kusno
Gustaaf Kusno Mohon Tunggu... profesional -

A language lover, but not a linguist; a music lover, but not a musician; a beauty lover, but not a beautician; a joke lover, but not a joker ! Married with two children, currently reside in Palembang.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Main Tebak-tebakan Yuk !

3 September 2010   02:07 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:29 290 0 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Main Tebak-tebakan Yuk !
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

[caption id="attachment_247901" align="aligncenter" width="453" caption="(ilust blog.al.com)"][/caption]

Ada suatu istilah untuk mengasah logika kita yang dinamakan lateral thinking. Dia merangsang otak kita untuk tidak sekedar memakai ‘jalur tradisional’ di dalam memecahkan setiap persoalan yang kita hadapi, tetapi berani ‘keluar dari koridor’ penalaran. Di bawah ini disajikan beberapa tebakan yang mengasyikkan untuk dicari jawabannya.

Tebakan 1

Seorang calon pembobol bank bersembunyi di balik tirai untuk mengamati password yang akan dimasukkan untuk membuka ruangan brankas di suatu bank. Hanya ada dua orang saja yang mempunyai akses terhadap password itu, yaitu pemilik bank dan direktur bank. Pertama-tama datanglah si pemilik bank untuk membuka ruang brankas itu dan pada layar monitor tertulis twelve maka ditekanlah tombol 6 olehnya. Seketika pintu ruang brankas pun terbuka. Tak lama kemudian datanglah sang direktur bank untuk membuka ruang brankas ini. Di layar monitor tertulis six dan sang direktur pun menekan tombol 3 sebagai password-nya. Pintu pun langsung terbuka. Setelah beberapa saat kemudian sang garong merasa aman untuk melancarkan aksinya. Di depan pintu brankas layar monitor tertera tulisan eight. Dengan penuh keyakinan ditekannya tombol 4. Namun alangkah kagetnya dia ternyata pintu sama sekali tidak terbuka. Tahukah anda di mana kekeliruannya dan apakah password yang benar?

Jawaban :

Password yang dipakai bukanlah nilai separuh dari pertanyaan yang ada di monitor. Namun dihitung dari banyaknya huruf dari kata yang tertera di situ. Jadi password yang benar dari eight adalah 5, karena kata eight terdiri dari lima huruf.

Tebakan 2

[caption id="attachment_247903" align="aligncenter" width="500" caption="(source science illustrated)"][/caption]

Ada tiga rangkaian segi tiga yang masing-masing berisi satu huruf. Pada baris ke tiga rangkaian ini ada satu segi tiga yang masih blank (kosong). Dapatlah anda mengisi huruf apa yang selayaknya tertera di dalam segi tiga tersebut ?

Jawaban :

Jawabannya adalah huruf P. Setiap huruf pada segi tiga di sebelah kiri dan kanan kita ambil nomor urutannya, selanjutnya huruf di segitiga bagian tengah merupakan penjumlahan dari angka urutan huruf kiri dan kanan. Jadi karena urutan E = 5 dan K= 11 maka jumlahnya menjadi 16. Dan P adalah huruf urutan ke 16 !

Tebakan 3

[caption id="attachment_247904" align="aligncenter" width="406" caption="(source science illustrated)"][/caption]

Jam dinding yang biasa kita gantung di tembok ini, tahu-tahu terjatuh dan pecah menjadi tiga bagian. Dan uniknya dari masing-masing pecahan tadi, angka-angkanya ternyata mempunyai penjumlahan yang persis sama. Bisakah anda menggambar garis patahan pada jam dinding ini, sehingga masing-masing patahan mempunyai jumlah angka yang sama?

Jawaban :

Seperti yang dapat anda lihat pada gambar ini. Masing-masing patahan mempunyai penjumlahan angka 26. Seluruh angka pada jam dinding ini mempunyai penjumlahan 78. Jadi kalau ingin dibagi tiga sama rata maka masing-masing harus berjumlah 78 : 3 = 26.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan