Mohon tunggu...
Agus Buchori
Agus Buchori Mohon Tunggu... Arsiparis

saya seorang guru biasa di sma swasta dan juga pns di Dinas Kearsipan Kabupaten Lamongan. saya menyukai dunia tulis menulis. itu saja.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Hemat Kertas dengan Reuse

20 November 2019   11:00 Diperbarui: 20 November 2019   11:02 46 4 1 Mohon Tunggu...

Kita adalah makhluk yang boros terhadap penggunaan kertas. Seringkali kita tanpa sadar mengabaikan kertas yang sebenarnya masih bisa kita gunakan. Akan tetapi, karena tiadanya perilaku hemat dan sadar lingkungan kertas itu terbengkalai dengan percuma.

Jika kita mengamati di kantor-kantor, banyak sekali tumpukan kertas  yang sebenarnya masih bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Kertas kertas itu kebanyakan adalah hasil dari proses pengetikan yang salah atau draf tulisan yang tak terpakai. Dan seringkali hanya satu halaman yang terpakai karena halaman di baliknya masih kosong dan sebenarnya bisa dipakai kembali.

Lazimnya, kertas memang digunakan dalam posisi bolak balik. Karena suatu sebab atau aturan yang menghendaki di kantor maka kertas tersebut hanya digunakan satu halaman muka saja. Nah, karena hanya satu halaman, jika ada kesalahan penulisan maka kertas itu pun disingkirkan dalam keadaan di baliknya masih kosong belum ada tulisan sama sekali.

Kertas kertas tak terpakai namun masih mempunyai halaman kosong inilah yang menjadi penyebab sampah kertas menumpuk tanpa  ada proses penggunaan kembali (reuse).

Mengenai kertas bekas ini, harusnya kita bisa menggunakan kembali halaman kosong tersebut untuk menulis konsep yang akan kita kembangkan kemudian. Banyak sekali pekerjaan kepenulisan yang bisa menggunakan media kertas bekas pakai ini. Salah satunya adalah untuk membuat naskah  konsep surat yang menggunakan tulisan tangan.

Banyak sekali pejabat di kantor yang masih belum begitu familiar dengan komputer, mereka bisa menggunakan kertas bekas ini untuk mengonsep surat yang nantinya akan diketik oleh stafnya. Daripada mengandalkan Copy paste (Copas) yang cenderung bolak balik salah akan lebih baik para pejabat itu membuat  coretan di kertas bekas lebih dulu.

Di lingkungan pendidikan pun bisa memanfaatkan kertas bekas ini saat memberikan tugas mengarang pada anak didiknya. Kegiatan pembelajaran lebih efisien dan membiasakan pada anak didiknya untuk tidak melakukan kopas dalam berkarya. mereka akan terbiasa menuliskan secara langsung dengan tangan tentang ide ide mereka.

Mahasiswa pun demikian, saat membuat karya tulis bisa memanfaatkan kertas bekas ini untuk membuat kosep naskahnya sebelum nanti diketik dengan komputer. Pemanfaatan kertas bekas ini akan membuat mereka berlatih membuat konsep dan berlatih menyunting tulisan saat tulisan itu dipindahkan ke komputer.

Demikian juga di bidang lukis dan grafis, pemanfaatan kertas bekas pun bisa dilakukan untuk membuat konsep gambar sebelum nanti dipindahkan ke kanvas maupun komputer. Biar bagaimanapun halaman   kosong pada kertas yang tidak terpakai tersebut masih memiliki potensi besar untuk diberdayakan.

Berdayakan Kertas Bekas Pakai Adalah Tindakan Hemat dan Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan kembali kertas bekas pakai kita telah menghemat biaya. Penggunaan biaya pembelian kertas bisa dikurangi karena kita tidak selalu menggunakan kertas baru jika hanya untuk membuat konsep tulisan. Dalam proses menulis, apalagi saat mengonsep penghamburan kertas sangat mungkin terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x