Mohon tunggu...
AA Istri Raka Mira P
AA Istri Raka Mira P Mohon Tunggu... Lainnya - -

Mahasiswa Prodi Akuntansi FEB Unmas Denpasar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

UMKM Ikut Terkena Dampak Pandemi, Berikut Strategi yang Bisa Dilakukan UMKM untuk Tetap Bertahan!

19 Mei 2021   17:28 Diperbarui: 21 Mei 2021   17:56 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh: Anak Agung Istri Raka Mira Pitaloka dan Ni Luh Nyoman Sherina Devi

Akuntansi FEB Universitas Mahasaraswati Denpasar

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan. Biasanya usaha yang digolongkan kedalam UMKM adalah usaha dengan keuntungan tidak lebih dari 200juta menurut perhitungan laba per tahun. 

UMKM sangat berperan penting dalam pembangunan ekonomi Negara. Peran penting tersebut seperti membuka lapangan pekerjaan yang tentu saja membantu para masyarakat sekitar untuk memperoleh pekerjaan maupun penghasilannya. 

Selain itu dapat mendorong kondisi ekonomi yang lebih merata, meningkatkan devisa Negara, memenuhi kebutuhan masyarakat, dan  memacu ekonomi di situasi kritis, beberapa tahun lalu tepatnya tahun 1997, UMKM terbukti mampu meningkatkan dan membangkitkan ekonomi masyarakat yang mengalami krisis. 

Namun, krisis kembali terjadi akibat dari penyebaran virus Covid-19 di awal tahun 2020. Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang mengakibatkan terjadinya infeksi di saluran pernafasan dari sedang hingga berat. 

Virus ini menyebar melalui percikan air liur saat bersin, batuk dan bersentuhan dengan orang yang terpapar virus sehingga membuat pemerintah menerapkan protokol kesehatan dengan pemakaian masker dan menjaga jarak dengan meminimalisir aktivitas luar ruangan untuk menghindari penyebaran virus tersebut. 

Hal ini tentu saja sangat berdampak bagi perekonomian, banyak UMKM yang kesulitan mempertahankan usahanya karena daya beli konsumen yang kian menurun akibat adanya pandemi yang tidak kunjung usai. Pemerintah tentu saja sudah melakukan berbagai cara untuk membantu UMKM agar bisa tetap bertahan dalam kondisi pandemi ini seperti memberikan bantuan modal.

Bantuan pemerintah saja tentu tidak cukup untuk mempertahankan usaha UMKM, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM untuk membantu mempertahankan usaha mereka seperti dengan melakukan pemasaran melalui digital atau disebut Digital Marketing. Digital Marketing adalah pemasaran yang dilakukan melalui berbagai media online maupun e-commerce. 

Masyarakat atau konsumen saat ini juga sangat dimudahkan dengan adanya berbagai platform online untuk pembelian beberapa kebutuhan mengingat anjuran pemerintah yang mengharuskan untuk menjaga jarak, sehingga bisnis pemasaran melalui online ini mulai menjadi kebutuhan utama untuk bertransasi bagi masyarakat. 

Dengan melakukan Digital Marketing diharapkan para pelaku UMKM mampu untuk memasarkan produk mereka secara online dengan cara yang relatif mudah sehingga membantu meningkatkan daya beli konsumen dan memperluas jangkauan pasar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun