Media

Jangan Takut untuk Berbagi

15 November 2017   00:05 Diperbarui: 15 November 2017   00:07 223 0 0


Dulu, ketika saya masih duduk di bangku sekolah, ada orang yang berkata kepada saya, bahwa kita tak boleh mengajarkan ilmu yang kita ketahui kepada orang lain, nanti kita akan tambah bodoh. Kurang lebih seperti itulah ucapannya. Sayangnya, dulu, saya tidak sempat bertanya balik kepadanya, atas dasar apa ia mengatakan demikian.

Tak benar bahwa ketika kita menyampaikan dan/atau berbagi ilmu kepada orang lain, lantas kita akan semakin bodoh. Sama sekali itu tak benar. Justru sebaliknya, ketika kita berbagi pengetahuan kepada orang lain, secara tak langsung pengetahuan kita akan bertambah dan berkembang. Tak usah jauh-jauh lihat bukti nyatanya. Kita bisa lihat guru-guru kita di sekolah.

Seandainya perkataan orang seperti yang tertera pada paragraf pertama di atas adalah benar adanya, maka tak mungkin seorang guru mau mengajarkan atau berbagi pengetahuan kepada siswanya. Sebab, lama-lama akan berkurang dan semakin berkurang pengetahuannya, jikalau mengacu pada hipotesis sebelumnya.

Tak perlu kita takut untuk berbagi, apa pun itu. Justru dengan kita berbagi, kita akan merasakan suatu kenikmatan tersendiri. Balasannya tak hanya berwujud benda, namun bisa saja sebuah kebahagiaan dan ketenangan di hati. Dan, menurut saya, balasan yang tak berwujud itu akan jauh lebih nikmat. Apalagi kalau balasan demikian, bisa dinikmati di kehidupan akhirat kelak. Tentu, ini merupakan dambaan bagi setiap orang.

Bila kita punya pengetahuan terhadap sesuatu, janganlah pelit. Jangan simpan pengetahuan itu hanya dinikmati oleh seorang diri. Berbagilah kepada orang lain. Berbagilah kepada yang membutuhkan. Berbagilah itu semua. Tak berguna ilmu yang kita miliki, kalau hanya dinikmati oleh seorang diri. Percayalah, tak akan berkurang pengetahuan atau ilmu yang kita miliki bila kita membaginya kepada orang lain. Justru itu akan bertambah dan terus bertambah. Bahkan, itu akan menjadi modal dan/atau investasi untuk masa depan kita sendiri.

Punya harta yang lebih, maka berbagilah kepada yang membutuhkan. Jadikan itu sebagai investasi untuk masa depan yang abadi. Ingat, harta yang kita miliki sekarang bukan hanya milik kita sepenuhnya. Ada orang lain yang berhak memilikinya juga. Orang yang kurang berada, fakir, miskin, berhak memiliki harta kita yang berlimpah itu. Jadi, berbagilah kepada mereka. Jangan jadi orang yang sombong lagi kikir. Ingat, bahwa apa pun yang kita punya dan miliki sekarang, itu hanyalah titipan dan amanah dari-Nya. Bukan milik kita yang sesungguhnya. Jadi, berbagilah dan jangan takut untuk berbagi.

Hematnya, apa pun yang kita punya, tak perlu ragu untuk berbagi kepada sesama. Semakin rajin kita memberi atau berbagi kebaikan kepada orang lain, maka yakinlah kita akan menikmati atas apa yang kita lakukan tersebut. Cepat atau lambat kita akan merasakan dampaknya. Di dunia ini, maupun di akhirat kelak. Insyaallah, keberkahan akan kita peroleh. 

Wallahu a'lam.

Oleh: Gunawan