Mohon tunggu...
GUNAWAN
GUNAWAN Mohon Tunggu... Guru - Guru ASN

Guru desa melakukan apa saja agar otak tidak beku.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Setiap Orang Pantas Diabadikan di Hall of Fame

2 Juni 2021   23:00 Diperbarui: 18 Februari 2022   06:37 1566
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo courtesy of Rock & Roll Hall of Fame

" I've always been famous. It's just no one knew it yet."

(Lady Gaga)

"Ada juara dalam diri setiap orang. Dan setiap juara wajib engkau hormati."

(Gunawan)

Photo courtesy of Royal Oak High School
Photo courtesy of Royal Oak High School

Salah satu yang dibahas di rapat yang saya ikuti di kantor sekolah tempat saya mengajar belum lama ini adalah rencana pembuatan Ruang Inspirasi Sekolah. Apakah itu? Satu ruang di lingkungan sekolah tempat dipamerkannya segala prestasi sekolah dan pencapaian warga sekolah dari tahun awal berdirinya sampai masa yang terkini. Saya sendiri kemudian membayangkan ada sebuah ruangan yang dipenuhi deretan foto-foto orang-orang hebat di dinding berikut piala-piala, medali dan piagam yang dipajang berjejer.

Begitu membanggakan, menggetarkan hati, dan pasti menginspirasi bagi siapapun, terlebih bagi yang merasa sebagai anggota keluarga besar sekolah, saat dia memasuki ruangan itu.

Saya lalu teringat dengan apa yang di luar jauh sana biasa disebut sebagai Hall of Fame, Wall of Fame, atau Walk of Fame. Sedikit-sedikit saya tahu tentang, misalnya, Naismith Memorial Basketball Hall of Fame, Rock and Roll Hall of Fame, atau Holywood Walk of Fame. Tempat dimana jika nama saya ingin terpampang di situ maka saya harus berkontribusi luarbiasa di bidang yang saya jalani. Saya harus diakui oleh banyak orang atau siapapun bahwa dedikasi saya, di bidang rock and roll misalnya, tak pernah sedikitpun diragukan. Dan tentu, ini yang paling penting, pencapaian saya harus secemerlang sinar matahari di siang hari.

Orang-orang kemudian akan berdecak kagum, atau bersikap takzim penuh hormat ketika memandangi foto-foto saya yang di situ. Mereka juga jika diijinkan tentu ingin menyentuh berbagai memorabilia saya yang dipajang untuk mengenang kehebatan saya. Paling tidak mereka akan berfoto di depan gitar saya, jika saya seorang rockstar misalnya. Atau mungkin berfoto di depan jersey dengan nama dan nomor punggung saya karena saya adalah seorang bintang besar NBA.

Hall of Fame, Wall of Fame, atau Walk of Fame adalah pengakuan dan penghormatan yang diberikan kepada seseorang tanpa sedikitpun orang tersebut memintanya. Bahkan, bagaimana bisa memintanya, karena namanya baru ditorehkan di wall of fame setelah orang itu sudah sekian lama berhenti di titik akhir proses berkaryanya. Meninggal dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun