Mohon tunggu...
gumintang aqsalsebastian
gumintang aqsalsebastian Mohon Tunggu... Atlet - Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik. Universitas Jember

Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik. Universitas Jember.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN BTV UNEJ 3: Peningkatan Kualitas Produk dan Pemasaran pada UMKM Hiasan Dinding di Desa Wriginagung

6 September 2021   19:56 Diperbarui: 6 September 2021   20:21 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejak adanya pandemi covid-19 banyak sekali kerugian yang dialami negara negara yang ada di seluruh dunia termasuk juga negara Indonesia. Adanya pandemi ini menjadikan perekonomian di negara Indonesia juga melemah, hal ini dikarenakan kegiatan perekonomian yang awalnya tidak terkendala apapun pada saat ini terkendala adanya covid ini. 

Dampak yang ditimbulkan dari adanya virus ini dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Banyak masyarakat yang terkena PHK karna perusahaan memberikan kebijakan pengurangan tenaga kerja, masyarakat yang memiliki usaha terkendala pasar yang melemah sehingga produksi juga terkendala. 

Akibatnya perekonomian yang ada tidak stabil dan banyak masyarakat yang mengeluhkan bahwa pekerjaan yang ada terbatas sehingga bantuan pemerintah yang sangat diharapkan oleh masyarakat kecil.

Pada KKN  ini mitra yaitu UMKM dibidang wirausaha kayu. Program kerja yang akan dijalankan yaitu pembuatan hiasan dinding yang nantinya kana dipasarkan melalui media online. Permasalahan yang dialami sasaran yang saya temui yaitu :

  • Terkendala pemasaran barang yang diproduksi
  • Terkendala kurangnya pengetahuan sasaran tentang sosial media yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran.
  • Bahan baku untuk produksi susah didapatkan
  • Cakupan pemasaran sempit

Untuk itu KKN ini memilih program KKN dengan tema pemberdayaan dan pendampingan usaha kecil masyarakat dengan judul Peningkatan Kualitas Produk Dan Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Hiasan Dinding Di Desa Wringinagung Selama Pandemi Covid-19. KKN ini ingin membantu sasaran dalam mengatasi permasalahan yang ada. Solusi yang ditawarkan sebagai langkah untuk penyelesaian masalah tersebut yaitu :

  • Membantu mengenalkan sosial media yang dapat digunakan sebagai media pemasaran
  • Membuatkan akun yang nantinya digunakan untuk mendaftar di toko online seperti shopee, maupun toko pedia. 
  • Mengedukasi bagaimana pemanfaatan kayu yang sudah tidak digunakan menjadi bahan yang memiliki nilai jual seperti hiasan dinding.
  • Membantu sasaran dalam medapatkan bahan baku untuk produksi
  • Membantu pemasaran agar cakupan nya semakin luas

Untuk itu diharapkan dengan mengatasi permasalahan yang ada dapat meningkatkan kualitas produk yang dipasarkan dan juga menjadikan produk yang dipasarkan dikenal lebih luas sehingga dapat menambah pendapatan sasaran di masa pandemi seprti ini.

Untuk mendukung tercapainya usaha yang dilakukan, saya memiliki beberapa program kerja yang akan dilakukan pada sasaran yaitu sebagai berikut :

  • Melakukan pendampingan serta dskusi terkait produk apa saja yang akan dipasarkan
  • Berdiskusi dengan sasaran terkait bahan kayu yang akan digunakan selama proses produksi
  • Memberikan gambaran produk yang akan dibuat dan selanjutnya dilakukan pemasaran
  • Membuat akun yang nantinya digunakan untuk memasarkan produk di toko online seperti shopee, toko pedia
  • Memberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran secara online melaui sosial media seperti instagram, whatsapp, facebook

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun