Mohon tunggu...
gumintang aqsalsebastian
gumintang aqsalsebastian Mohon Tunggu... Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik. Universitas Jember

Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik. Universitas Jember.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Ekonomi Wilayah di Negara Indonesia

16 September 2019   09:38 Diperbarui: 16 September 2019   09:53 470 1 0 Mohon Tunggu...

Indonesia merupakan negara kepulauan yang pulaunya menyebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari ujung sabang sampai merauke banyak sekali pulau yang dapat dijumpai, dari pulau yang padat penduduknya sampai dengan pulau yang masih belum ada penghuninya. 

Wilayah negara Indonesia juga sangat luas hampir sebagian besar wilayah negara Indonesia merupakan wilayah perairan. Berbagai wilayah atau daerah yang ada di wilayah Indonesia pasti masyarakatnya melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi sangatlah penting untuk keberlangsungan kehidupan untuk masyarakat di suatu wilayah tersebut. 

Ekonomi berperan sebagai pengatur manusia untuk melakukan kegiatan perekonomian sebagai langkah bertahan hidup dan menyejahterakan individu maupun kelompok. Di wilayah yang terdapat penduduk di dalamnya juga pasti melakukan kegiatan perekonomian, ekonomi di suatu wilayah juga bertujuan untuk membangun wilayah tersebut dan membandingkan ekonomi suatu wilayah dengan wilayah lain. Hal ini dilakukan supaya wilayah wilayah tersebut lebih maju dan bersaing sehat antar wilayah di sektor pereknomian.

Ekonomi wilayah merupakan suatu cabang dari ilmu ekonomi yang dalam pembahasannya memasukkan unsur sebagai pembeda potensi wilayah satu dengan wilayah yang lain. 

Ilmu ekonomi ini juga mempelajari tentang interdisiplin dimana dalam bahasan tentang ilmu ekonomi ini mempelajari tentang ilmu geografi, ilmu lingkungan, ilmu ekonomi, ilmu sosial dan masih banyak lagi ilmu yang dapat dipelajari di ekonomi wilayah ini. Ilmu ekonomi ini merupakan penggabungan dari dua ilmu yaitu ilmu tradisional serta ilmu teori lokasi. 

Ilmu ekonomi wilayah juga sangat penting dipelajari untuk merencanakan suatu wilayah. Ekonomi wilayah selain untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakatnya juga ekonomi wilayah bertujuan sebagai pendorong pembangunan di suatu wilayah

Ekonomi wilayah tidak luput dari 3 aspek pembangunan berkelanjutan karena ekonomi wilayah bertujuan untuk memajukan wilayah tersebut sehinga perlu adanya ketiga aspek pembangunan berkelanjutan yaitu yang pertama adalah aspek ekonomi itu sendiri dimana pembangunan ekonomi harus memenuhi pertumbuhan ekonomi pada masa ini tanpa mengorbankan hak untuk kebutuhan pada generasi yang akan datang. 

Aspek pembangunan berkelanjutan selanjutnya yaitu melihat aspek ekologi, ini sangat penting mengingat pembangunan suatu wilayah pada masa kini masih sering dijumpai ketidak pedulian dalam pembangunannya. 

Pembangunan wilayah harus mengedepankan lingkungan karena meskipun pembangunan berlangsung, pembangunan tidak boleh merusak ekosistem yang ada agar tetap terjaga kelestariannya dan kualitas suatu wilayah tidak mengalami penurunan. 

Aspek yang ketiga dalam pembangunan berkelanjutan yang terakhir yaitu aspek sosial, dimana pada aspek ini pembangunan harus mewujudkan kepentingan suatu kelompok ataupun masyarakat yang ada di suatu wilayah tersebut dan menjadikan wilayahnya menjadikan kehidupannya lebih baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Ekonomi wilayah juga membahas bagaimana penganalisaan suatu wilayah serta melihat potensi yang ada di suatu wilayah tersebut dan mengoptimalkan potensi yang ada dalam aspek ekonomi dan diharapkan dengan pengoptimalan potensi yang ada tersebut menjadikan pertumbuhan ekonomi disuatu wilayah tersebut mrnjadi lebih cepat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN