Mohon tunggu...
Reba Lomeh
Reba Lomeh Mohon Tunggu... Peminat Pertanian, Sosbud dan Filsafat

Petani Mardijker

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mengulik Sisi Baik "Kakar Tana", Sosok Makhluk Halus di Manggarai Barat

2 Agustus 2020   00:48 Diperbarui: 4 Agustus 2020   21:21 2213 62 26 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengulik Sisi Baik "Kakar Tana", Sosok Makhluk Halus di Manggarai Barat
Ilustrasi Kakar Tana yang digambarkan sebagai perempuan cantik (Sumber gambar: Freepik.com/angel_nt)

(1)

Tulisan ini merupakan artikel ke-2 yang saya tulis menyoal keberadaan sosok Kakar Tana di Manggarai Barat, Flores. Untuk tulisan kali pertama, silakan Anda baca di sini.

Bila membaca lagi artikel yang saya rilis beberapa bulan yang lalu itu, ada satu hal dari Kakar Tana yang luput dari pembahasan saya. Yakni, sisi baiknya.

Sisi baik Kakar Tana yang saya maksudkan adalah; bisa diajak berdiplomasi (baca: berhubungan/ bekerja sama) dengan manusia.

Lha, memangnya ada makhluk halus (gaib) yang bisa di ajak bekerja sama dengan manusia? Lalu, bekerja sama dalam hal apa?

Yang pasti bakal ada pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Tugas saya selanjutnya adalah menyiapkan jawaban yang sebisanya diterima oleh nalar khalayak pembaca, tentu saja. 

Begini. Dalam tataran kehidupan sosial-budaya masyarakat Manggarai Barat, keberadaan Kakar Tana masih dipercayai hingga dewasa ini. Terlepas dari sosoknya yang kasat mata dan hanya bisa dilihat oleh mereka yang punya kemampuan 'tak biasa'.

Menurut orang-orang yang memiliki indra keenam (kemampuan indigo) tersebut, Kakar Tana digambarkan sebagai perempuan yang cantik, putih, mulus, bertubuh seksi, dan bermata kucing.

Kehadiran Kakar Tana juga dapat diketahui oleh masyarakat awam lewat tanda-tanda alam seperti, hujan gerimis di siang bolong, dan mendengar suara perempuan tertawa di hulu sungai. 

Akan tetapi, yang bisa melihat dan mengidentifikasi sosok Kakar Tana hanyalah mereka yang mempunyai kemampuan tak biasa tadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x