Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupnya, dihabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Pucuk Merah Tak Sekadar Berfungsi sebagai Tanaman Hias

20 Februari 2023   08:10 Diperbarui: 21 Februari 2023   12:24 108050
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pucuk Merah memiliki banyak manfaat selain sebagai tanaman hias (dok pribadi)

Orang menyebutnya Pucuk Merah. Sering dijadikan sebagai tanaman hias. Namun lebih dari itu manfaatnya. Bisa diandalkan menjadi tanaman penyerap karbon, pencegah erosi dan sebagai obat herbal.

Daun-daun muda tanaman ini berwarna merah begitu bermunculan. Dalam jumlah yang banyak pula. Warna merah ini akan berubah. Mengubah warnanya menjadi agak cokelat kemudian hijau tua.

Karena warna merah menyala inilah maka tanaman ini lebih dikenal dengan nama Pucuk Merah. Pucuk merah sudah tak asing lagi bagi kita. Sering ditemukan di taman umum, tepi jalan, hingga taman-taman di rumah. Tanaman bernama ilmiah Syzygium myrtifolium ini memang dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Pucuk muda berwarna merah yang bermunculan sekaligus dan dalam jumlah yang banyak, memang indah. Apalagi dalam satu pohon dapat dijumpai tiga warna daun sekaligus. Merah, agak coklat dan hijau daun.

Daun muda yang berwarna merah ini membuat orang menamakannya sebagai tanaman Pucuk Merah (dok pribadi)
Daun muda yang berwarna merah ini membuat orang menamakannya sebagai tanaman Pucuk Merah (dok pribadi)

Syzygium ini merupakan tanaman asli dari Asia. Ada yang menyebutnya asli Bangladesh dan Thailand. Juga disebut sebagai tanaman asli semenanjung Malaya, termasuk Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Juga tumbuh di Malaysia dan Philipina.

Pohonnya tergolong tanaman perdu. Memiliki akar tunggang dan batang yang kuat dan berkambium. Jika diamati, batang pucuk merah ini berbentuk bulat. Tinggi batang tanaman bisa lebih dari 5 meter. Tetapi mudah dikerdilkan melalui teknik bonsai.

Daunnya mirip seperti cengkeh. Mungkin karena mereka masih satu famili. Bunganya berwarna putih. Buahnya akan berwarna hitam apabila telah matang.

Manfaat Pucuk Merah

Kehadiran tanaman pucuk merah di sekitar kita, cukup banyak memberikan manfaat. Orang menjadikannya sebagai tanaman hias karena keindahan dan kombinasi daun merah, coklat dan hijau yang dihasilkan.

Syzygium juga dimasukkan dalam kelompok tanaman handal dalam menyerap karbon. Lalu berkontribusi pula terhadap pengurangan pencemaran udara dan menyuplai udara bersih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun