Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - senang mempelajari hal-hal baru

Hidup mengalir seperti air. Bergerak dari hulu ke muara lalu masuk samudera nan luas! Dari petani, kembali menjadi petani. Hidup bersama komunitas tani itu sangat menyenangkan bagi saya.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Mengintip 5 Lagu Indonesia Bertema Kereta Api

1 Oktober 2022   04:45 Diperbarui: 1 Oktober 2022   09:20 1066 30 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Indahnya panorama jalur KA Prambanan Ekpres yang menghubungkan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan (Dokumentasi: Phinemo.com/Maleostory)

Bagi seorang pencipta lagu atau komposer, inspirasi dadakan bisa muncul begitu saja. Entah sedang di kamar mandi atau duduk santai di sofa. Bahkan dalam perjalanan pun mereka mendapatkan semacam wangsit itu secara tiba-tiba.

Beberapa pencipta lagu dan penyanyi beken, hits dengan lagu bertema kendaraan dan fenomena sosial kemasyarakatan yang terjadi saat itu. Diantaranya lagu yang bertema atau berjudul Kereta Api.

Ada lumayan banyak lagu yang ada Kereta Apinya. Tetapi Saya hanya menyajikan 5 lagu yang pernah saya dengar. Bahkan menyanyikannya sendirian atau bersama teman-teman yang suaranya cenderung fals namun penuh percaya diri.

Ada lagu Kereta Api  versi anak-anak. Dinyanyikan di sekolah dan di rumah. Dinyanyikan pula oleh orang dewasa. Ada juga yang versi pop melow, lagu khas era 1980-1990 an. Zamannya Nella Regar, Obbie Messakh, Nia Daniaty, Tomy J. Pisa, dsb.

Selain dinyanyikan dalam lagu anak-anak dan pop, kereta api pun dinyanyikan dalam lagu balad nan kritis. Juga ada lagu dangdut yang dinyanyikan ulang dari generasi ke generasi berikutnya. Tentu saja disesuaikan dengan perkembangan musik di setiap jaman. Diadaptasi, agar lagu daur ulang tersebut bisa lebih viral dari yang sebelumnya.

Berikut, lima lagu bertema atau berjudul Kereta Api.

Naik Kereta Api

Siapa sih, orang Indonesia yang tidak tahu lagu karya Ibu Sud ini? Lagu ini selalu dinyanyikan oleh anak-anak. Tak hanya di sekolah, bahkan di arena bermain anak-anak pun selalu diputar. Dan sambil berlenggak-lenggok, anak-anak nan ceria berjalan seolah-olah merekalah kereta apinya.

Lagu naik kereta api karya Ibu Sud yang fenomenal, dinyanyikan oleh berbagai kalangan. Dokumentasi dari You Tube.com
Lagu naik kereta api karya Ibu Sud yang fenomenal, dinyanyikan oleh berbagai kalangan. Dokumentasi dari You Tube.com

Seperti yang diulas dalam kompas.com (Kamis, 26 Juni 2020), lagu ini diciptakan oleh ibu Sud ketika bepergian dengan kereta api menuju ke Surabaya. Syairnya begitu sederhana dan mudah diingat. Makanya, anak balita pun sudah bisa menyanyikannya.

Lagu tersebut entah diciptakan pada tahun berapa. Namun mulai diperdengarkan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) di awal-awal 1960-an seperti yang dipublikasikan oleh bersamawisata.com.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan