Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Buruh - senang mempelajari hal-hal baru

Hidup mengalir seperti air. Bergerak dari hulu ke muara lalu masuk samudera nan luas!

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Memanfaatkan Wadah Bekas untuk Bertanam

4 Juli 2022   08:57 Diperbarui: 5 Juli 2022   20:25 287 40 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tanaman stroberi bisa ditanam pada ember bocor dan bekas wadah plastik dari minuman. Koleksi Minggas Nafanu. Dok pribadi

Bertanam sayuran, buah-buahan, bunga atau tanaman lainnya tidaklah terlalu sulit. Asal ada media tanam, jadilah kita bertanam. Bisa dilakukan langsung di tanah jika kita memiliki lahan yang cukup.

Lahan yang sempit pun tak perlu menyurutkan niat kita untuk bertanam. Bahkan, kita bisa memanfaatkan dinding tembok rumah dengan bertanam secara vertikal. Tentu saja, selain media tanam, maka kita perlu memikirkan wadah seperti apa yang cocok untuk kondisi lahan kita.

Saat ini, terdapat beragam wadah yang dijual di toko-toko semisal toko pertanian, toko bangunan, atau toko plastik. 

Aneka pot, pipa pvc untuk hidroponik, polybag dalam berbagai ukuran, drum sudah tersedia di toko. Bahkan barang-barang ini dapat kita beli di pinggir jalan dengan kualitas yang tak kalah baik dengan yang tersedia di toko.

Selain membeli wadah, bisa dipikirkan untuk memanfaatkan wadah-wadah bekas yang sudah tidak terpakai lagi. 

Di rumah, saya bertanam pada wadah bekas seperti ember pecah, gayung bocor, kaleng bekas cat, botol plastik dan mangkuk bekas es krim atau salad buah yang tidak dipakai lagi.

Memanfaatkan rice cooker rusak untuk bertanam mint dan kelapa hias. Koleksi Minggas Nafanu. Dok pribadi
Memanfaatkan rice cooker rusak untuk bertanam mint dan kelapa hias. Koleksi Minggas Nafanu. Dok pribadi

Tentunya sebelum memanfaatkan wadah dimaksud, maka perlu diperiksa dan dibersihkan terlebih dahulu. Bila perlu, kita cat bagian luarnya. 

Pilihan warna disesuaikan dengan warna favorit kita. Namun sebaiknya menggunakan cat berwarna gelap agar tidak terlihat kotor ketika terkena media tanah.

Setelah memilih wadah bekas, menyiapkan dan mengisi media tanam misalnya campuran tanah dan kompos, kita bisa memilih tanaman yang sesuai dengan wadah kita. Jangan sampai, tanamannya besar, tetapi kita paksakan untuk tanam di wadah berukuran kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan