Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Buruh - senang mempelajari hal-hal baru

Hidup mengalir seperti air. Bergerak dari hulu ke muara lalu masuk samudera nan luas!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kaum Kidal dan Diskriminasi terhadap Mereka

9 Juni 2022   05:00 Diperbarui: 9 Juni 2022   05:05 393 30 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menulis dengan menggunakan tangan kiri masih dirasa aneh oleh sebagian orang. Foto pribadi

Sahabat pembaca,

Tulisan ini berbasis pada pengalaman hidup saya sebagai orang kidal. Sejak kecil hingga mencapai usia seperti ini. Kiranya dapat menggugah orang tua, guru dan sahabat-sahabatku dimana saja untuk tidak mempermasalahkan kehadiran kami. Jumlah kami memang lebih sedikit dibandingkan dengan kaum kanan.

Sang Maha Pencipta telah menganugerahkan dua tangan bagi manusia untuk digunakan. Dan akan terlihat cacat, manakala salah satu tangannya buntung atau tidak ada.

Karena itu, kebiasaan-kebiasaan hidup, yang mendiskriminasikan anggota tubuh kita sendiri, sebaiknya dipikirkan ulang. Semua anggota tubuh kita, diciptakan dengan tujuan yang mulia. Akan kelihatan cacatnya, jika tubuh kita tidak utuh. Betul kan?

Sahabat pembaca,

Saya bertangan kidal. Sebagai orang kidal, lebih banyak saya menggunakan tangan kiri. Mengangkat benda yang membuthkan tenaga lebih kuat, menulis, memotong sesuatu dan aktifitas lain selalu saya lakukan secara terbalik. Bertentangan dengan kelompok orang bertangan kanan.

Hampir seluruh budaya kita, tidak menerima apabila ada anggota keluarga yang sejak kecil lebih suka menggunakan tangan kirinya. Ketika anak mulai belajar memegang benda, maka yang diperhatikan adalah apakah anak memegang benda itu dengan tangan kanan? Jika tidak, maka cepat-cepat orang tua akan memindahkannya ke tangan kanan yang dijuluki sebagai tangan manis.

Salam sama orang tua, harus pakai tangan manis. Makan juga demikian. Apalagi memberi atau menerima sesuatu dari orang lain, wajib menggunakan si manis tadi.

Menggunakan tangan kiri itu tidak baik. Tidak sopan. Pemberontak. Lebih ekstrim lagi, tangan setan. Duh, segitunya. Tapi anehnya, mereka yang menyatakan bahwa tangan kiri itu tidak baik, malah tidak mau memotong tangan kirinya itu dan membiarkan tangan manis menggelantung sendirian pada bahu kanannya.

Barack Obama lebih sering menggunakan tangan kirinya. Dok dictio.id
Barack Obama lebih sering menggunakan tangan kirinya. Dok dictio.id

Ah para pembaca yang budiman,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan