Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Jangan Sampai Salah! Ini Struktur Teks Anekdot yang Harus Kamu Ketahui!

25 Mei 2023   08:35 Diperbarui: 25 Mei 2023   08:33 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pixabay.com/Deeezy

Dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia, pasti muncul pembahasan mengenai teks anekdot. Lantas, sudah tahukah kamu apa itu teks anekdot?

Teks anekdot merupakan sebuah kisah atau cerita singkat yang unik, karena di dalamnya mengandung lelucon yang lucu dan menghibur.Β 

Nah, supaya kamu bisa membuat sendiri teks anekdot, maka kamu wajib mempelajari struktur dari teks anekdot terlebih dahulu. Berikut penjelasan tentang struktur teks anekdot dan juga kaidah kebahasaannya yang perlu kamu ketahui.

Struktur Teks Anekdot

Berikut ini penjelasan tentang struktur dari teks anekdot. Struktur teks ini mempunyai fungsi sebagai kerangka untuk bisa membangun isi cerita dari teks anekdot itu sendiri.

1. Abstrak

Bagian paling pertama dari teks anekdot adalah abstrak. Abstrak menjadi bagian paragraph paling awal, yang biasanya digunakan untuk memberikan suatu gambaran umum tentang isi cerita kepada khalayak umum atau kepada para pembacanya tentang isi dari keseluruhan cerita.

2. Orientasi

Bagian kedua dari teks anekdot adalah terdapat orientasi. Jika pada bagian abstrak berisikan gambaran umum, maka orientasi lebih berisikan tentang awal dari kejadian yang ingin diceritakan.

Orientasi ini juga bisa disebut sebagai bagian yang bisa menjelaskan latar belakang dari suatu peristiwa utama yang terjadi.

3. Krisis

Struktur teks anekdot yang selanjutnya adalah krisis. Setelah para pembacanya mengetahui awal dari cerita teks anekdot, maka krisis menjadi bagian dari cerita yang memiliki tugas untuk memberikan penjelasan tentang masalah utama dari teks tersebut.

4. Reaksi

Bagian selanjutnya dari teks anekdot adalah reaksi. Reaksi sendiri adalah bagian yang digunakan untuk bisa melengkapi suatu cerita.Β 

Reaksi ini biasanya digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dalam suatu cerita dalam teks anekdot.

5. Koda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun