Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Ini 5 Bacaan Sholawat Nabi Setelah Sholat yang Bisa Diamalkan!

13 Februari 2023   16:05 Diperbarui: 13 Februari 2023   16:11 497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Thirdman on Pexels

Setelah menunaikan shalat lima waktu, kamu disarankan untuk membaca shalawat Nabi Muhammad SAW. Bacaan sholawat Nabi setelah sholat dapat jadi amalan yang mustajab dan memiliki banyak keutamaan. Seperti salah satunya mendatangkan rezeki dari Allah SWT.Β 

Perlu kamu ketahui bahwa rezeki itu tidak hanya berbentuk uang, kekayaan, tetapi juga bisa berupa kesehatan, kegembiraan hidup dan keamanan. Mempraktikkan bacaan sholawat Nabi setelah sholat ini bisa mendatangkan rezeki.Β 

Bahkan, ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Allah SWT akan melipatgandakan rezeki bagi mereka yang membaca sholawat Nabi setelah sholat menjadi sepuluh kali lipat. Itulah sebabnya sebaiknya kamu mengetahui apa saja bacaan sholawat Nabi setelah sholat.Β 

Bacaan Sholawat Nabi Setelah Sholat

Berikut ini beberapa bacaan sholawat setelah sholat yang bisa kamu amalkan dengan rutin dan penuh keikhlasan hanya kepada Allah SWT:

1. Sholawat Nariyah (Al-Tafrijiyah)

Sholawat Nariyah adalah Shalawat yang disusun oleh Syekh Nariyah yang memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah jadi sholawat yang mujarab untuk mengabulkan berbagai keinginan, kelimpahan rezeki dan memudahkan segala urusan.

Bacaan shalawat Nabi ini dibacakan untuk mengharapkan kemakmuran dan terhindar dari kesusahan. Seperti yang diriwayatkan Biidznillah berikut ini:

Jika ada yang tidak kamu cita-citakan, atau ingin menolak yang tidak disukai, maka berkumpullah dalam majelis untuk membaca sholawat Nariyah ini sebanyak 4444 kali, makan tercapailah apa yang dikehendaki itu dengan cepat.

Selain itu, Imam Al-Qurthubi juga mengatakan bahwa: "Siapa saja yang membaca sholawat sebanyak 41 kali, 100 kali atau lebih, maka Allah SWT akan memudahkan kesulitannya, menghilangkan kegundahannya, memudahkan urusannya, mencerahkan hatinya sesuai kadar keimanannya, mengangkat derajatnya, memperbaiki kondisinya, menambah penghidupannya, membuka pintu kebaikan dan lindungi dari kehancuran sepanjang tahun, diselamatkan dari berbagai bencana kelaparan dan kemiskinan, dicintai semua makhluk dan lindungi semua doanya."

2. Sholawat Ibrahimiyah

Shalawat Ibrahimiyah adalah bacaan sholawat Nabi setelah sholat yang ma'tsur karena banyak Muhadits dan perawi meriwayatkan tentang keutamaan sholawat ini. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari bahwa Rasulullah bersabda seperti berikut ini:

"Barangsiapa membaca shalawat Ibrahimiyah ini, maka aku akan bersaksi di hari Kiamat akan memberinya syafa'at."

3. Sholawat Munjiyat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun